Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Presdien FIFA, Gianni Infantino memberikan pidato saat kongres FIFA di Moskow (13/6) [Mladen Antonov/AFP]

Bolatimes.com - Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA), Gianni Infantino, memberi apresiasi pelaksanaan program pengembangan sepak bola di Indonesia. Ia pun tak sungkan menilai sepak bola Tanah Air dikelola oleh orang-orang yang tetap.

Gianni Infantino telah menghadairi Forum FIFA Executive Football Summits di Doha, Qatar pada Kamis (13/12/2018). Dalam forum ini, 50 negara dari lima konfederasi hadir, termasuk Indonesia yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Forum FIFA Executive Football Summits adalah wadah bagi para anggota untuk berdiskusi berbagai strategi pengembangan sepak bola. Salah satu yang dibahas di sana adalah sepak bola wanita dan teknologi video assistant referees (VAR).

Baca Juga:
Gagal di Timnas Indonesia, Bima Sakti Merapat ke Klub Liga 2?

Indonesia pun turut mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan presentasi program FIFA Forward yang memang menjadi program utama PSSI sejak 2017.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi memaparkan program pencapaian prestasi sepak bola Indonesia di Medan, Sumatera Utara, Rabu (5/12/2018). PSSI akan memproyeksikan timnas U-16 Indonesia nantinya lolos di Olimpiade Paris, Perancis 2024 dan Piala Dunia 2030 serta peningkatan pendidikan kepelatihan bagi pelatih sepak bola lokal. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Melihat pemaparan PSSI, Infantino terkagum. Ia menilai PSSI memiliki program yang jelas dan sudah dikelola oleh orang-orang yang tepat. Pria asal Swiss itu pun turut berharap agar sepak bola Indonesia bisa mendapatkan yang terbaik.

''Presentasi yang bagus, Ini pencapaian luar biasa. Sepak bola Indonesia memiliki visi yang jelas. Yang terpenting, anda menjalankannya dan membuat kemajuan. Tetap semangat, sepak bola Indonesia dikelola orang yang tepat,'' kata Infantino di laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Kalah Lagi, Nasib Greysia Polii/Apriyani Dalam Bahaya

''Saya harap kalian mendapatkan yang terbaik,'' tuturnya menambahkan.

Sementara itu, Ratu Tisha berterimakasih banyak atas pujian yang dilayangkan oleh Infantino. Ia mewakili PSSI merasa bangga menjadi federasi percontohan.

''Dalam program FIFA Forward, PSSI memiliki tiga area fokus, yakni pelatih, pemain dan wasit. PSSI juga melahirkan Filosofi Sepak bola Indonesia (Filanesia) yang merupakan program pengembangan sepak bola yang berkelanjutan dan diharapkan menjadi kurikulum di sekolah,'' kata Ratu Tisha.

Baca Juga:
Live RCTI, Berikut Jadwal Arsenal dan Chelsea di Liga Europa

''Terima kasih kepada FIFA yang telah memberikan kepercayaan kepada PSSI menjadi salah satu federasi percontohan, PSSI fokus pada milestone yang telah ditetapkan yakni 2024, 2034, 2045,'' tuturnya menutup.

Load More