Stephanus Aranditio
Pemain timnas Indonesia Febri Hariyadi (kiri) mencoba merebut bola dari pemain timnas Singapura Muhammad Yasir Hanapi dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pd.

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti mengakui skuat Garuda kalah mental dengan Singapura saat bertanding di pada penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Singapore National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB.

Sebelum dimulainya pertandingan, Bima mengaku sudah mengingatkan para pemain jika tekanan bakal besar. Ya, karena ini adalah pertandingan perdana. Bima sendiri mengaku bertanggung jawab lantaran timnya bermain tidak sesuai dengan harapan.

"Saya tanggung jawab. Ini pekerjaan rumah buat saya, bagaimana bisa membangkitkan mental ke depannya. Saya sudah mengingatkan mereka (para pemain) di latihan, karena ini partai pertama dan tekanan pasti sangat berat," kata Bima dalam jumpa pers usai pertandingan.

Baca Juga:
Tampil Sangat Buruk, Timnas Indonesia Keok 0-1 atas Singapura

Bima juga mengakui jika anak-anak asuhnya masih kurang bisa mengontrol emosi. Itu terlihat dari I Putu Gede yang harus diusir wasit pada penghujung laga, setelah diganjar kartu kuning kedua. Bima pun berjanji bakal memperbaiki hal ini agar tidak terjadi pada pertandingan berikutnya.

"Ada emosional yang tidak terkontrol. Tanggung jawab saya untuk mengontrol pertandingan yang merugikan tim tadi. Akhirnya merugikan kita juga," jelas Bima Sakti.

Namun, mantan pemain timnas Indonesia itu tetap menginstruksikan para pemainnya untuk segera melupakan kekalahan dan menatap laga selanjutnya melawan Timor Leste.

Baca Juga:
Pelatih Futsal Thailand Puji Kualitas Permainan Indonesia

"Saya bilang ke pemain, sedih pasti. Perjalanan belum selesai. Sepak bola bukan matematika yang bisa dihitung. Saya bilang, kesempatan itu masih ada," kata Bima dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Menanggapi kekalahan dengan lapan dada, Bima Sakti bahkan memuji penampilan Singapura. Menurutnya, Singapura memang layak menang.

"Mereka punya organisasi bagus. Transisi mereka membuat masalah bagi kami," pungkas mantan pemain Persiba Balikpapan itu.

Baca Juga:
Ini yang Perlu Dibenahi Timnas Indonesia Agar Selevel Thailand

Di pertandingan berikutnya di Piala AFF 2018, timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste. Duel timnas Indonesia vs Timor Leste akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa, (13/11/2018) 19:00 WIB. 

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Baca Juga:
Martial Kembali ke Timnas Prancis Usai Tampil Ciamik Bersama MU

Load More