Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Pemain Timnas Indonesia U-16 vs Iran U-16 di Piala Asia U-16 (pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 berpeluang menjadi satu-satunya tim wakil Asia Tenggara jika berhasil lolos ke babak perempat final Piala Asia U-16 2018. Hal itu bisa terwujud seandainya skuat Garuda Asia bisa mengalahkan India pada Kamis (27/9/2018) pukul 19:45 WIB.

Tim besutan Fakhri Husaini akan melakoni laga terakhir babak penyisihan Grup C Piala Asia U-16 yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Kiprah Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala Asia U-16 sendiri bisa terbilang cukup baik.

Dalam dua pertandingan babak penyisihan Grup C yang dilakoni, mereka mampu mengalahkan tim kuat seperti Iran. Tak tanggung-tanggung, David Maulana Cs menang dengan skor 2-0.

Baca Juga:
Kata Menohok Sesmenpora Saat Ketum PSSI Nyatakan Siap Mundur

Pada laga selanjutnya melawan Vietnam, Timnas Indonesia U-16 berhasil menahan imbang 1-1 setelah tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Melihat hasil dari dua laga itu, bisa dikatakan anak asuh Fakhri Husaini berpeluang besar meraih tiket ke perempat final. Timnas Indonesia U-16 hanya membutuhkan hasil imbang melawan India di laga terakhir babak penyisihan grup.

Seandainya memperoleh kemenangan atau hasil imbang, Indonesia berpeluang menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara di babak perempat final ajang Piala Asia U-16.

Baca Juga:
Arema FC dan Madura United Gelar Laga Amal untuk Haringga

Bagaimana tidak, hanya Indonesia yang memiliki peluang besar untuk lolos ke perempat final. Dua tim perwakilan Asia Tenggara lainnya yang berada di Grup A, yakni Thailand dan Malaysia tampil kurang baik di Piala Asia U-16 2018 ini.

Mendapat dukungan dari publik sendiri belum bisa membuat Malaysia lolos. Tim yang berjuluk Harimau Malaya itu menjadi juru kunci setelah hanya memetik satu kali kemenangan dari tiga pertandingan yang dilakoninya.

Sementara Thailand, skuat gajah putih harus tersingkir melalui pertandingan terakhir yang sengit melawan Tajikistan. Hasil tersebut membuat Thailand menempati posisi ketiga setelah unggul head to head atas Malaysia.

Baca Juga:
Damaikan Suporter, Siswa SD di Bandung Bikin Aksi Keren Ini

Sedangkan di Grup C, hanya Indonesia dan Vietnam yang merupakan perwakilan dari Asia Tenggaara. Saat ini Indonesia menempati puncak klasemen dengan raihan empat poin. Sementara Vietnam berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 1 poin.

Kemungkinan Vietnam untuk lolos terbilang kecil jika dibandingkan dengan India yang kini telah mengumpulkan poin yang sama dengan Indonesia dari dua laga yang dijalaninya.

Untuk lolos ke perempat final, Vietnam harus berharap Indonesia memperoleh hasil imbang dari India. Kemudian mereka harus unggul dua gol atas Iran di laga terakhir.

Baca Juga:
Dituduh Halangi Pertemuan Ozil dengan Loew, Unai Emery Membantah

Namun, Indonesia tentu tidak akan mengincar hasil imbang di laga terakhirnya tersebut, mengingat pelatih dan para pemainnya mengincar kemenangan. Seandainya skuat Garuda Asia menang, sudah dipastikan langkah Vietnam di Piala Asia U-16 akan berakhir dan Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16 2018.

Load More