Irwan Febri Rialdi
Pemain PSIS Semarang Gali Freitas. (Instagram/@psisofficial)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain asing Asia Tenggara (ASEAN) yang aman alias tak didepak oleh klub-klubnya di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024.

Kompetisi kasta teratas Indonesia atau Liga 1 musim 2023/2024 dalam waktu dekat akan memasuki masa-masa bursa transfer kedua.

Dijadwalkan bursa transfer kedua Liga 1 musim ini akan berlangsung selama sebulan penuh, yakni sejak 1 hingga 30 November 2023.

Pada bursa transfer kedua ini, klub-klub Liga 1 diyakini akan melakukan perombakan dalam skuadnya untuk mengarungi putaran kedua.

Perombakan ini tak hanya dilakukan dengan memboyong pemain baru, melainkan juga mendepak para pemainnya di skuad saat ini.

Salah satu yang jadi sorotan adalah terkait nasib para pemain asing ASEAN yang kini masuk dalam kuota pemain asing Liga 1 2023/2024.

Hingga pekan ke-16, banyak pandangan miring terhadap status pemain asing ASEAN yang disebut-sebut kualitasnya tak jauh berbeda dari para pemain lokal.

Hal ini pun melahirkan asumsi jika klub-klub Liga 1 akan memanfaatkan bursa transfer kedua untuk mendepak para pemain asing ASEAN-nya.

Meski begitu, ada beberapa pemain asing ASEAN yang diprediksi akan berstatus aman karena performanya yang bisa mengangkat permainan tim-tim yang dibela.

Siapa saja para pemain asing ASEAN yang diprediksi aman dari rencana pendepakan di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024 ini?

1. Gali Freitas (PSIS Semarang)

PSIS Semarang merasakan berkah nyata dari regulasi pemain asing ASEAN berkat penampilan apik pemain asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas.

Di Liga 1 2023/2024 ini, Gali Freitas bisa dikatakan pemain asing ASEAN terbaik berkat sumbangsihnya yang mampu mencetak enam gol dan tiga assist.

2. Christian Rontini (Persita Tangerang)

Persita Tangerang memanfaatkan jatah pemain asing ASEAN dengan mendatangkan Christian Rontini di awal musim. Hingga pekan ke-16 ini, pemain berpaspor Filipina itu tampil memuaskan.

Pemain yang baru menjadi Mualaf itu menjadi pilar tak tergantikan di lini belakang Persita, dengan mencatatkan 14 penampilan. Bahkan, ia pun terhitung tajam sebagai bek dengan torehan tiga gol.

3. Song Ui-young (Persebaya Surabaya)

Persebaya Surabaya juga tampaknya tak akan buru-buru mendepak Song Ui-young di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024 ini, meski dirinya sempat kesulitan beradaptasi di awal kepindahannya.

Pemain berpaspor Singapura ini belakangan mulai nyetel dengan permainan Persebaya, sehingga mampu memberikan sumbangsih satu gol dan dua assist dari 12 laga.

4. Elias Dolah (Bali United)

Bali United dikenal sebagai klub yang jarang salah pilih pemain asing, termasuk dengan merekrut Elias Dolah sebagai pengisi kuota pemain asing ASEAN-nya.

Pemain berpaspor Thailand ini mampu menjadi andalan di lini belakang Laskar Serdadu Tridatu dengan mencatatkan 14 penampilan di Liga 1 2023/2024 dan mampu mencetak dua gol.

5. Mike Ott (Barito Putera)

Barito Putera telah mempercayakan Mike Ott terhitung sejak Liga 1 2022/2023 lalu. Sehingga, di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024 ini namanya dipastikan aman dari ancaman pendepakan.

Apalagi pemain asal Filipina ini menjadi otak permainan Barito Putera sehingga sempat mengudara di papan atas Liga 1 dan kini berada di peringkat ke-7.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More