Husna Rahmayunita
Presiden FA Thailand, Somyot Pumpanmuang. (Dok. FAT)

Bolatimes.com - Ketua Umum Federasi Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, sempat memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Namun, dia akhirnya membatalkan langkah tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Federasi Thailand itu mendapatkan desakan dari Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan, untuk segera meletakkan jabatannya imbas kegagalan di SEA Games 2023.

"Saya sudah katakan di SEA Games kali ini, jika tim putra gagal merebut medali emas, maka presiden federasi harus mundur. Belum lagi masalah finansial. Kami melakukan kesalahan sendiri," kata Prawit.

Baca Juga:
Sudah Siapkan Uang, AC Milan Ngebet Rekrut Pemain Berdarah Indonesia Tijjani Reijnders

"Kami harus punya semangat. Kali ini nama baik negara menjadi sangat buruk. Tim tidak bisa mengontrol emosi, hal itu tidak boleh terjadi," imbuhnya.

Desakan itu diberikan Prawit karena dia juga berstatus sebagai Presiden Komite Olimpiade Thailand. Langkah inilah yang dikhawatirkan penggemar sepak bola Thailand sebagai bentuk intervensi pemerintah.

Somyot Poompanmoung pun sempat menyanggupi desakan itu, tetapi ternyata batal dan kembali memimpin. Berikut Bolatimes.com menyajikan Ketua Umum Federasi yang sempat mundur, tetapi batal.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Dapat Bocoran, Pelatih Jepang Bagi Resep Sukses Juara Piala Asia U-17 2023

1. Somyot Poompanmoung (FA Thailand)

Desakan yang disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan, ini memang sempat membuat publik Thailand merasa khawatir karena bisa dianggap sebagai intervensi.

Pasalnya, jika hal itu benar-benar terjadi, ada potensi ancaman sanksi dari FIFA. Akhirnya, untuk menghindari sanksi tersebut, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) memutuskan tetap mempertahankan FAT.

Baca Juga:
Profil Abdurrahman Iwan, Pemain Qatar U-17 yang Bisa Dipanggil Bima Sakti ke Timnas Indonesia U-17

“Dewan telah memutuskan bahwa Somyot tetap menjadi Presiden FA Thailand hingga akhir masa jabatannya pada Februari 2024. Keputusan ini diambil untuk menghindari sanksi FIFA atas campur tangan politik,” tulis jurnalis Thailand, Ta Lao, di akun Twitter-nya, @ta_lao19.

2. Sao Sokha (FA Kamboja)

Sebelum gonjang-ganjing soal mundurnya Somyot Poompanmoung, sebelumnya Presiden Federasi Sepak Bola Laos, Sao Sokha, sempat mengutarakan rencana untuk mundur dari jabatannya.

Baca Juga:
Daftar Klub Termahal di BRI Liga 1 2023/2024: Kejutan, Dewa United Masuk 5 Besar

Sao Sokha pernah menyatakan kesiapannya untuk mundur apabila Timnas Kamboja U-23 yang menjadi tuan rumah SEA Games 2023 gagal lolos ke semifinal. Namun, ternyata saat targetnya batal terpenuhi, dia batal mengundurkan diri.

“Saya menerima permohonan Perdana Menteri Hun Sen, serta penggemar sepak bola Kamboja. Mereka meyakinkan saya untuk melanjutkan posisi sebagai ketua Federasi Sepak Bola Kamboja," kata Sokha disadur daru Reuters, Rabu (10/5/2023). 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More