Irwan Febri Rialdi | Syaiful Rachman
Presiden FA Thailand, Somyot Pumpanmuang. (Dok. FAT)

Bolatimes.com - Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, tengah dalam masalah. Dia dituduh telah melakukan korupsi dana Liga Thailand.

Dilaporkan Siamsport, Senin (17/7/2023), Somyot Poompanmoung diduga memotong keuntungan dari operator Liga Thailand. Hal itu melanggar aturan FAT pasal 71 dan pasal 86 peraturan Liga Thailand, Thai League Co.Ltd.

Poompanmoung, menurut laporan Soha.Vn, menerima gaji per bulan sebesar 1 juta baht atau sekitar Rp434 juta, dengan rincian 500 juta baht (Rp217 juta) gaji sebagai Presiden FAT dan sisanya hasil menyunat laba didapat oleh Thai League Co.Ltd.

Baca Juga:
Kalteng Putra Janjikan Barnabas Sobor Jadi Starter di Liga 2 2023/2024

Para pemain Timnas Thailand tampil di Piala AFF 2020. [Laman resmi Piala AFF 2020]

“Ini dianggap sebagai pelanggaran peraturan FAT (pasal 71), dan mengambil untung dari perusahaan Liga Thailand ketika dia membayar bonus untuk dirinya sendiri dan beberapa direktur. Tindakan ini juga dianggap melanggar pasal 86 peraturan Thai League," bunyi laporan Siamsport.

Liga Thailnd sendiri saat ini tengah dirudung krisis keuangan menyusul anjloknya penjualan hak siar 20 kali lipat dari 1,2 miliar baht atau sekitar Rp504 miliar menjadi 50 juta baht (Rp21 miliar).

Diminta Letakkan Jabatan Usai Aib Tim Gajah Perang di SEA Games 2023

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Justin Hubner Pamer Jadi Kapten Wolves U-21

Timnas Thailand U-22 gagal menjadi juara di SEA Games 2023 setelah dikalahkan Timnas Indonesia dipartai final dengan skor telak 5-2 dalam pertandingan yang berlangsung selama 120 menit di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada 16 Mei.

Kekalahan Thailand tersebut dinilai sebagai aib tim Gajah Perang yang berbuntut dengan tuntutan mundurnya Somyot Poompanmoung dari jabatannya sebagai Presiden FAT.

Tekanan terhadap Somyot untuk mundur tidak hanya datang dari pecinta sepak bola Thailand, tapi juga Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwon.

Baca Juga:
Bobol Gawang Klub Belanda, Media Malaysia Beri Pujian Selangit ke Marselino Ferdinan

Akan tetapi Prawit mengurungkan niatnya dan meredakan situasi setelah mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi sepak bola Thailand jika pemerintah ikut campur dalam urusan FAT. FAT bisa disanksi FIFA.

(Suara.com/Syaiful Rachman)

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023: Lawan Malaysia Sehari usai HUT RI

Load More