Husna Rahmayunita
Presiden FA Thailand, Somyot Pumpanmuang. (Dok. FAT)

Bolatimes.com - Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) Somyot Poompanmoung mengundurkan diri dari jabatannya menyusul hasil buruk di SEA Games 2023.

Somyot mundur imbas kekalahan Thailand dari Timnas Indonesia U-22 di partai final SEA Games 2023 Kamboja yang sempat diwarnai kericuhan.

Sebelumnya, Presiden Komite Olimpiade Thailand Prawit Sapupong telah menyatakan Somyot seharusnya mengundurkan diri setelah kegagalan Timnas Thailand pada SEA Games 2023.

Baca Juga:
Jadwal Final Piala Asia U-17 2023: Duel Raja Asia, Korea Selatan vs Jepang

Posisi Somyot semakin terjepit setelah Timnas Thailand U-17 gagal mencapai putaran final Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia setelah kalah dari Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-17 2023.

Setelah pertandingan, kerusuhan terjadi ketika para suporter Thailand melemparkan flare ke arah para pemain sebagai bentuk kekecewaan.

Beberapa media Thailand, termasuk Siam Sport dan Thai Rath, melaporkan bahwa Somyot telah mengajukan pengunduran dirinya pada Jumat (30/6).

Baca Juga:
Media Inggris Salut dengan Sepak Bola Asia Tenggara, Sebut Indonesia Sebagai Negara Paling Menarik Perkembangannya

Surat pengunduran diri tersebut disampaikan melalui Sekjen FAT, Patis Sapupong, kepada Komite Olimpiade Thailand.

Kabar yang beredar di Thailand menyebutkan bahwa Somyot mundur atas desakan Prawit, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Thailand.

Prawit menyalahkan Somyot atas kekalahan dan keributan yang terjadi antara pemain dan ofisial saat final SEA Games 2023 melawan Indonesia, dan menganggap kekalahan dan keributan tersebut merusak reputasi Thailand.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Begini Reaksi Justin Hubner usai Disebut Pemain dari Indonesia

Somyot akan menginformasikan hasil serta alasan pengunduran dirinya kepada Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

(Suara.com/Pebriansyah A.)

Baca Juga:
Anaknya Dilirik Timnas Indonesia U-17,Ayah Welber Jardim Minta PSSI Dekati Sao Paulo

Load More