Irwan Febri Rialdi
Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyerahkan tropi Piala AFF ke kapten Timnas Thailand (Instagram/affmitsubishielectriccup)

Bolatimes.com - Thailand terancam mendapatkan sanksi berat dari FIFA, yakni berupa banned atau pembekuan. Hal ini dikarenakan adanya intervensi dari pemerintah kepada FA Thailand (Federasi Sepak Bola Thailand).

Presiden FA Thailand, Somyot Poompanmoung, memutuskan mundur dari posisinya. Dilansir dari Siam Sport dan Thai Rath, pengajuan mundur tersebut telah disampaikan sejak Jumat (30/6/2023).

Presiden FA Thailand, Somyot Pumpanmuang. (Dok. FAT)

Somyot Poompanmoung diminta bertanggung jawab atas hasil buruk Thailand yang gagal meraih medali emas SEA Games 2023 dan berbagai masalah lainnya.

Baca Juga:
Safawi Rasid Jadi Perhatian FIFA, Suporter Harimau Malaya: Ada yang Iri Malaysia Di-tag FIFA

Namun, usut punya usut, mundurnya Somyot Poompanmoung bukan murni atas kemauan sendiri juga desakan pengurus, melainkan pemerintah Thailand.

Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan, lah yang meminta Somyot Poompanmoung mundur dari kursi Presiden FA Thailand.

"Saya sudah katakan di SEA Games kali ini, jika tim putra gagal merebut medali emas, maka presiden federasi harus mundur. Belum lagi masalah finansial. Kami melakukan kesalahan sendiri," kata Prawit.

Baca Juga:
Pamer ke Indonesia, Bintang Malaysia Jadi Sorotan FIFA Karena Aksi Ciamik

"Kami harus punya semangat. Kali ini nama baik negara menjadi sangat buruk. Tim tidak bisa mengontrol emosi, hal itu tidak boleh terjadi," imbuhnya.

Bentuk intervensi pemerintah tersebut bisa membuat FAT terancam sanksi 'banned' dari FIFA. Indonesia pernah mendapat hukuman itu pada 2015 karena pemerintah ikut campur urusan PSSI.

Hukuman itu membuat klub dan Timnas Indonesia tak bisa tampil di turnamen AFC dan FIFA. Sanksi Indonesia baru dicabut pada 2016.

Baca Juga:
5 Wonderkid Bisa Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Belum diketahui apakah nanti FA Thailand juga akan disanksi FIFA, mengingat campur tangan Wakil Perdana Menteri Thailand dalam membuat Somyot Poompanmoung.

Di sisi lain, Prawit Wongsuwan juga menjabat sebagai Presiden Komite Olimpiade Thailand. Apabila dipandang pada aspek tersebut, Thailand bisa saja lolos dari ancaman tersebut.

Baca Juga:
Rancang Timnas U-17, Bima Sakti Pastikan Tak Ada Pemain Titipan untuk Piala Dunia U-17 2023

Load More