Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Viking FK Shayne Pattynama usai bobol gawang HamKam. (Instagram@/viking_fk)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia, Shayne Pattynama, sukses mencatatkan namanya di papan skor saat Viking FK menghajar Hamarkameratene alias HamKam pada laga lanjutan Liga Norwegia 2022-2023.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Viking, Minggu (30/4/2023) itu, Shayne Pattynama berhasil membantu Viking FK menang dengan skor 7-3 atas HamKam.

Shayne Pattynama turut menyumbang satu gol di balik kemenangan telak ini. Satu-satunya gol yang dibukukan bek berusia 24 tahun ini tercipta pada menit ke-72’

Baca Juga:
Outfit Keisuke Honda di SEA Games 2023 Bikin Publik Heran, Pelatih Kamboja Beri Tanggapan Begini

Ini menjadi kemenangan kedua yang diraih Viking FK dari empat pertandingan awal Liga Norwegia 2022-2023.

Dengan tambahan tiga poin ini, Shayne Pattynama sukses mengantarkan timnya merangkak naik ke peringkat keempat klasemen dengan koleksi tujuh poin dari empat pertandingan.

Sebetulnya, jika merujuk pada catatan tim lawan, Ham-Kam memang bukanlah lawan yang tangguh untuk ditaklukkan. Sebab, mereka belum lama mencatatkan kiprahnya di kompetisi kasta tertinggi Norwegia.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Voli Putra Indonesia vs Filipina di Laga Pembuka SEA Games 2023

Profil Hamarkameratene

Sebagai informasi, Hamarkameratene atau yang bermakna Hamar Comrades, merupakan klub sepak bola asal Norwegia yang berbasis di Kota Hamar. Klub ini lebih sering dikenal sebagai HamKam atau Ham-Kam.

Klub sepak bola yang awalnya menggunakan nama Freidig ini sudah berusia lebih dari satu abad, atau tepatnya 104 tahun, sejak pertama kali dibentuk pada 10 Agustus 1918.

Baca Juga:
Outfit Antimainstream Keisuke Honda saat Jadi Pelatih Kamboja di SEA Games Jadi Sorotan, Netizen: Kece Juga Style-nya

Merujuk pada catatan sejarahnya, Hamkam dibentuk oleh sekelompok remaja. Ketika itu, syarat untuk bergabung dengan klub ini hanya mampu membayar sepak bola.

Saat masih bernama Freidig, klub ini kemudian melamar untuk berkompetisi di seri regional pada 1926, tetapi baru diterima setelah percobaan kedua pada 1927.

Ketika itu, sebuah klub yang juga bernama Freidig sudah bermain di seri tersebut, sehingga para pemuda dari Hamar terkapsa mengubah namanya.

Baca Juga:
Menggemaskan! Potret Anak Greysia Polii yang Baru Lahir

Awal mulanya, nama yang dipilih ialah Briskebyen Fotballag (Brikebyen Football Team). Klub ini awalnya tidak memiliki lokasi bermain secara permanen hingga tahun 1936.

Baru pada 1946, Briskebyen Foballag bergabung dengan klub olahraga yang punya modal, Hamar Arbeideridrettslag untuk membentuk Hamarkameratene.

Klub ini merupakan hasil rekonsiliasi antara klub olahraga borjuis dengan kelas pekerja. Ada pula keinginan pemerintah kota agar semua klub olahraga di Hamar bergabung.

Ham-Kam merupakan salah satu klub yang baru saja mencatatkan kiprahnya di Eliteserien alias kompetisi kasta tertinggi Liga Norwegia.

Menduduki peringkat ketiga pada musim 1970 merupakan posisi tertinggi yang mampu dicapai Ham-Kam di divisi tertinggi. Klub ini juga tak pernah melampaui fase semifinal Piala Norwegia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More