Arif Budi Setyanto
Pot Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Twitter/@theaseanball)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia secara mengejutkan kalah dari Kamboja dan Myanmar dalam penempatan pot di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Lantas apa alasannya?

Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bakal digelar 25 Mei mendatang. Nantinya 46 kontestan yang ada bakal dibagi dalam 11 grup.

Juara grup otomatis bakal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, sedangkan untuk runner up terbaik bakal diberi jatah empat slot.

Baca Juga:
Waspada Timnas Indonesia U-22, Thailand Panggil Pemain yang Berkarier di Liga Jerman dan Portugal

Nah, jelang drawing itu AFC sudah membuat pembagian pot negara peserta. Mengejutkannya, timnas Indonesia kalah dari Kamboja dan Myanmar.

Timnas Indonesia U-23 masuk dalam pot 3. Di sana ada juga tiga tim ASEAN lainnya, yaitu Singapura, Timor Leste, serta Laos. Sedangkan Kamboja dan Myanmar ada di pot 2.

Tentu hal ini mengejutkan karena Indonesia dianggap lebih bagus jika dibandingkan Myanmar serta Kamboja.

Baca Juga:
Pelatih Vietnam Ungkap Tim Terkuat yang Diwaspadainya di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22?

Alasan utama mengapa timnas Indonesia U-23 kalah dari Kamboja dan Myanmar karena skuad Garuda Muda tidak lolos dan tumbang dua kali di kualifikasi edisi yang kemarin.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 lalu, timnas Indonesia menghadapi Australia sebanyak dua kali. Hal itu karena China dan Brunei mengundurkan diri.

Hasilnya tim asuhan Shin Tae-yong kalah dua kali dari Australia dengan skor 3-2 dan 1-0. Itu membuat tim Merah Putih gagal lolos.

Baca Juga:
Pajang Foto Kemenangan Lawan Lebanon, FIFA Soroti Persiapan Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023

Sedangkan Kamboja dan Myanmar sendiri di kualifikasi edisi lalu bisa menempati posisi runner up.

Myanmar ada di posisi kedua ketik satu tim dengan Chinese Taipei. Kamboja pun sama berstatus runner up dalam grup bersama Jepang dan Hong Kong.

Kendati begitu, Myanmar dan Kamboja yang meraih satu kali kemenangan itu gagal untuk lolis sebagai runner up terbaik. Namun, hal itu berpengaruh baik karena di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mereka masuk pot 2 mengalahkan timnas Indonesia.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Sikap Indra Sjafri yang Tak Puas dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon

Load More