Irwan Febri Rialdi
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Beberapa negara tercatat pernah menjadi “korban” dari keputusan-keputusan FIFA sebagai induk sepak bola tertinggi di dunia.

FIFA sendiri memang punya wewenang dalam menentukan sanksi atau membuat keputusan terkait negara-negara yang masuk sebagai anggotanya.

1. Indonesia

Baca Juga:
Hukum Sikat Gigi saat Puasa di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya

Terbaru, Indonesia menjadi “korban” dari FIFA setelah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023.

Beberapa alasan terkait munculnya keputusan ini pun beredar. Mulai dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 135 orang hingga isu penolakan Timnas Israel di Indonesia oleh berbagai pihak.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” tulis pernyataan FIFA di situs resmi.

Baca Juga:
Sudah Persiapan Lama, Shin Tae-yong Sakit Hati Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Dengan pencoretan itu, Timnas Indonesia U-20 secara langsung gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Timnas Indonesia U-20 sendiri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 dengan status tuan rumah.

2. Rusia

Baca Juga:
3 Kerugian Timnas Indonesia U-20 seusai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Sebelum Indonesia, Rusia sudah menjadi “korban” dari FIFA belum lama ini. FIFA dan UEFA menjatuhkan sanksi berupa larangan bertanding bagi tim nasional Rusia dan juga klub-klub Rusia.

Hukuman ini diberikan oleh FIFA setelah invasi yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina. Atas keputusan ini, Rusia pun gagal mentas di Piala Dunia 2022.

3. Yugoslavia

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia, Persija Jakarta Beri Pesan Menyentuh

Negara di Eropa ini sekarang memang sudah tidak ada dan pecah ke beberapa negara. Namun dalam sejarahnya, Yugoslavia pernah mendapat sanksi dari FIFA.

FIFA dan UEFA pernah menjatuhkan larangan bermain terhadap Yugoslavia untuk Piala Eropa 1992 dan Piala Dunia 1994.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More