Irwan Febri Rialdi
Bek Riyadh All-Star, Jang Hyun-soo, merayakan gol ketiga timnya selama pertandingan antara Riyadh All-Stars dan Paris Saint-Germain di Stadion King Fahd di Riyadh pada 19 Januari 2023. (AFP/Fanck Fife)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki kesan yang sangat mendalam dengan mantan anak asuhnya di Timnas Korea Selatan, Jang Hyun-soo, karena berulah pada Piala Dunia 2018.

Pasalnya, Jang Hyun soo pernah membuat Shin Tae-yong merasa pusing karena tak mau bermain ketika Korea Selatan menghadapi Jerman pada laga pamungkas penyisihan grup Piala Dunia 2018.

"Jang Hyun-soo adalah pemain yang paling menimbulkan kesan untuk saya di Piala Dunia. Dia mengalami masa sulit di Piala Dunia. Saya berusaha membantunya," ucap Shin seperti dilansir dari Wikitree.co.kr

"Kemudian, menjelang pertandingan melawan Jerman di babak ketiga fase grup, Jang Hyun-soo datang ke kamar saya dan berkata, 'Saya tidak ingin bermain'," lanjutnya.

Praktis pernyataan ini membuat Shin Tae-yon pusing tujuh keliling. Jelang pertandingan melawan Jerman saat itu, banyak pemain Korsel yang alami cedera.

"Saya terus membujuk Jang Hyun-soo untuk bisa bermain di laga melawan Jerman. Tetapi dia terus mengatakan tidak ingin bermain," ungkap Shin Tae-yong.

Meskipun akhirnya tetap bermain pada laga tersebut, Jang Hyun-soo tetap mendapatkan hukumannya. Sebab, dia disanksi oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Jang Hyun-soo didenda 30 juta won hingga dicoret dari Timnas Korea Selatan seumur hidup. Penyebabnya, ia memalsukan data untuk terbebas dari wajib militer.

"Jang secara permanen tidak bermain untuk tim nasional, dan didenda 30 juta won," kata juru bicara KFA pada November 2018.

Profil Jang Hyun-soo

Jang Hyun-soo sebetulnya menjadi salah satu pemain yang punya rekam jejak mentereng bersama Timnas Korea Selatan. Dia tercatat lahir di Seoul pada 28 September 1991.

Masa-masa awal kariernya dimulai bersama Yonsei University. Dia bermain sejak usia 19 tahun bersama tim ini. Di sana, ia merumput selama kurang lebih dua musim.

Karier profesionalnya justru dimulai bersama klub asal Jepang, FC Tokyo. Dia bermain di klub J1 League ini selama musim 2012 hingga 2013. Tercatat, ada empat gol yang disumbangkan Jang Hyun-soo dari 40 penampilannya.

Setelah itu, dia sempat menjajal ketatnya kompetisi Liga Super China, tepatnya ketika memperkuat Guangzhou R&F pada medio 2014-2017.

Pemain berpostur 186 cm ini sempat kembali memperkuat FC Tokyo pada 2017-2019 sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Al-Hilal.

Pada musim 2019/2020, Jang Hyun-soo menjadi salah satu pemain penting yang membantu Al-Hilal meraih tiga gelar continental.

Setidaknya, ada dua gelar Liga Champions Asia yang direngkuh dua kali pada edisi 2019 dan 2021. Lalu, ada tiga trofi Saudi Professional League pada 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022.

Sebetulnya, Jang adalah pemain penting di skuad Timnas Korea Selatan, baik ketika diasuh oleh Uli Stielike, Shin Tae-yong, maupun Paulo Bento.

Sebab, sejak tahun 2013 hingga 2018, dia sudah memainkan total 58 pertandingan bersama Taeguk Warriors di berbagai ajang internasional.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More