Rauhanda Riyantama
Para pemain Jerman merayakan gol #09 Niclas Fullkrug (kiri) merayakan dengan rekan setimnya pada pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Spanyol dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 27 November 2022. JAVIER SORIANO / AFP

Bolatimes.com - Timnas Jerman sama sekali belum meraih kemenangan di dua laga Piala Dunia 2022. Bagaimana kans Der Panzer lolos dari babak grup dan melaju ke babak 16 besar?

Salah satu tim unggulan Piala Dunia 2022, Jerman, lagi-lagi harus menelan pil pahit usai gagal meraup kemenangan saat melakoni matchday kedua grup E.

Di matchday kedua grup E ini, Jerman harus puas hanya meraih hasil imbang kala menghadapi tim unggulan lainnya, Spanyol, Senin (28/11).

Baca Juga:
3 Gelandang Andalan Absen, Luis Milla Puas Persib Bandung Kalahkan Persikabo 1973

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Al Bayt tersebut, Jerman hanya mampu meraup satu poin usai bermain imbang 1-1 dengan tim berjuluk La Furia Roja itu.

Semula, Jerman sempat was-was dan berpotensi angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022 saat Spanyol mencetak gol pembuka di laga ini lewat Alvaro Morata di menit ke-62.

Beruntung bagi Jerman, 20 menit berselang Jamal Musiala mampu mengirimkan umpan manja yang mampu dituntaskan Niclas Fullkrug sehingga memaksa Spanyol bermain imbang 1-1.

Baca Juga:
Tiba-tiba Lolos ke BWF World Tour Finals 2022, Begini Komentar Gregoria Mariska Tunjung

Raihan satu poin dari hasil imbang kontra Spanyol itu pun menjadi poin perdana yang didapat Jerman di Piala Dunia 2022 ini.

Sebelum bermain imbang melawan Spanyol, Jerman sendiri harus tumbang secara mengejutkan dari Jepang dengan skor 1-2.

Raihan satu poin dari dua pertandingan yang telah dilakoni ini sejatinya tak cukup baik tim sekelas Jerman. Apalagi, rival-rivalnya di grup E telah mengantongi poin maksimal seperti Spanyol, Jepang, dan Kosta Rika.

Baca Juga:
6 Wakil Indonesia yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2022, Terbaru Gregoria Mariska Tunjung

Melihat kondisi ini, lantas bagaimana kans Jerman untuk bisa bertahan di Piala Dunia 2022 dan lolos ke babak 16 besar dengan satu pertandingan tersisa di grup E?

Aksi Niclas Fullkrug cetak gol penyama kedudukan saat Jerman tahan imbang Spanyol 1-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Tak Cukup dengan Menang

Saat ini, Jerman hanya menyisakan satu laga tersisa saja di grup E, yakni dengan menghadapi Kosta Rika, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Baca Juga:
3 Penggawa Timnas Indonesia U-20 Diizinkan Telat Gabung TC Timnas Senior

Melawan Kosta Rika bukanlah perkara sulit bagi tim sekelas Jerman. Apalagi, calon lawannya itu belum lama ini digasak Spanyol dengan skor 0-7.

Meski lawan yang dihadapi mudah, Jerman wajib waspada karena Kosta Rika belum lama ini mampu menumbangkan Jepang di Matchday ke-2 grup E Piala Dunia 2022.

Di grup E saat ini, Jerman berada di dasar klasemen dengan raihan satu poin, tertinggal dua poin dari Kosta Rika dan Jepang, serta tertinggal tiga poin dari Spanyol selaku pemuncak klasemen.

Dengan perbedaan poin yang ada, Jerman pun wajib menang di laga terakhirnya melawan Kosta Rika. Kemenangan otomatis akan membuat Der Panzer mengantongi empat poin.

Namun kemenangan ini dirasa tak cukup. Jerman harus mencetak gol sebanyak-banyaknya, karena selisih gol Die Mannschaft saat ini minus satu gol.

Alhasil, laga melawan Kosta Rika harus dimanfaatkan dengan baik oleh Jerman untuk mencetak gol sejak menit awal agar bisa memperbaiki selisih gol yang ada.

Selain itu, Jerman juga harus berharap di partai lainnya yakni Jepang vs Spanyol tak berakhir dengan skor imbang, atau La Furia Roja mampu menggasak tim Samurai Biru.

Jika Spanyol mampu menang atas Jepang, maka Jerman yang menang atas Kosta Rika bisa melampaui torehan poin kedua rivalnya di grup E dan melenggang ke 16 besar bersama La Furia Roja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More