Rauhanda Riyantama
Penyerang Argentina, Lionel Messi saat mencetak gol ke gawang Brasil dalam laga uji coba di Stadion King Saud University, Arab Saudi, Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB. (FAYEZ NURELDINE / AFP)

Bolatimes.com - Siapa sangka 3 negara kuat sepak bola menjadi pemilik koleksi kartu merah terbanyak di Piala Dunia, seolah berbanding lurus dengan prestasi yang ditorehkan.

Kartu merah merupakan momok yang menakutkan bagi para pemain, tak terkecuali di ajang Piala Dunia mengingat tensi pertandingan yang tinggi.

Begitu pula yang dialami sederet pemain yang membela negara-negara besar sepak bola, sebanyak 3 negara Amerika Selatan menjadi pengoleksi terbanyak kartu merah.

Baca Juga:
Konyol, Momen Antony Pamer Skill Muter-muter yang Berujung Salah Umpan

Lantas negara mana saja yang mengoleksi kartu merah terbanyak sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia? berikut di antaranya.

1. Uruguay

Uruguay menjadi penghuni peringkat ketiga negara pengoleksi kartu merah terbanyak di Piala Dunia, total 9 kartu merah sudah didapat.

Baca Juga:
Pelatih Irak U-20 Matangkan Persiapan untuk Hadapi Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-20 2023

Kartu merah pertama Uruguay didapat pada edisi 1962 yang digelar di Chile, Angel Cabrera saat itu jadi pemain pertama yang mendapat ganjaran.

Bahkan rekor kartu merah tercepat didapat pemain Uruguay, saat itu Piala Dunia 1986 Meksiko ketika pertandingan berjalan belum genap satu menit.

Kartu merah ikonik Uruguay terjadi di Piala Dunia 2010, Luis Suarez biang keroknya setelah menahan bola dengan tangan untuk gagalkan gol kemenangan Ghana.

Baca Juga:
Polisi Milan Tangkap Pelaku Penusukan Pablo Mari, Sosoknya Diungkap

2. Argentina

Argentina berada di tempat kedua pemilik kartu merah terbanyak di Piala Dunia, dari 81 pertandingan mendapat 10 kartu merah.

Kali pertama kartu merah didapat Argentina pada Piala Dunia 1966 di Inggris, Diego Armando Maradona pun mendapat ganjaran yang sama pada edisi Piala Dunia 1982.

Baca Juga:
Demi Indonesia, Pelatih Timnas Australia Siap Tampil Habis-habisan di Piala Asia U-20 2023

Terakhir kali Argentina mendapat kartu merah ada pada Piala Dunia 2006 Jerman, Leandro Cufre jadi pemain yang mendapat ganjaran itu.

3. Brasil

Selain menjadi negara tersukses di Piala Dunia dengan lima koleksi trofi juara, Brasil juga merupakan pemilik kartu merah terbanyak di ajang ini.

Total 11 kartu merah dari 109 pertandingan sudah dikoleksi Brasil, kali pertama didapat di Piala Dunia 1938 Prancis.

Sang legenda, Garrincha bahkan juga mendapat kartu merah saat berlaga di Piala Dunia 1962 dan kali terakhir didapat pada di Piala Dunia 2010, Felipe Melo.

Kontributor: Eko
Load More