Gagah Radhitya Widiaseno
Ahmad Rusadi berduel dengan pemain Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam, Soha.vn menyebut kalau Indonesia dan Thailand dibikin syok dengan kemajuan Timnas Vietnam beberapa waktu terakhir ini.

Pencapaian Timnas Vietnam mulai dari U-16, U-19, U-23, hingga senior memang membuat media Vietnam, Soha vn cukup kagum.

Sebut saja Timnas Vietnam U-17 yang tampil gacor di putaran final Piala Asia 2023 dengan menyapu bersih kemenangan.

Baca Juga:
Rekap Hasil French Open 2022 di Hari Pertama: The Daddies Kandas, 4 Wakil Indonesia ke 16 Besar

Lalu di level U-23, Timnas Vietnam berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023. Media Vietnam tersebut menyebut kalau hal ini membuat Indonesia dan Thailand kagum.

“Statistik luar biasa dari sepakbola Vietnam membuat Thailand dan Indonesia kagum. Sepakbola Vietnam mengalami kemajuan pesat dari level tim nasional hingga tim junior, membuat banyak rival regional, seperti Thailand dan Indonesia, respect,” tulis Soha.vn.

Mereka juga menyebut jika kualitas sepak bola diakui oleh dua skala yakni klub dan Timnas, tentunya sepak bola Vietnam dapat membuat bangga.

Baca Juga:
Hasil Lengkap Liga Champions Semalam: Real Madrid Telan Kekalahan Pertama, PSG Pesta Gol, Juventus Tersingkir

Mereka mengakui kalau peran Park Hang-seo sebagai pelatih juga menjadi salah satu faktor pembawa dampak positif di Timnas Vietnam.

“Tim Vietnam bermain stabil di bawah asuhan Pelatih Park Hang Seo, dengan menjadi juara Piala AFF 2018, merebut tiket ke babak kualifikasi final Piala Dunia 2022, dan satu tempat di perempatfinal Piala Asia 2019,” jelas Soha.vn.

Mereka membandingkan prestasi Timnas Thailand dan Indonesia. Disebutkan kalau Thailand dan Indonesia kerap menuai hasil yang kurang memuaskan.

Baca Juga:
Hasil PSG vs Maccabi Haifa: Lionel Messi Cs Mengamuk, Les Parisiens Menang Telak 7-2

“Ini merupakan pencapaian yang tidak bisa diraih oleh dua pesaing sepak bola regional terkemuka seperti Thailand dan Indonesia. Timnas Thailand U-20 terhenti di babak kualifikasi setelah tersingkir oleh indeks fair play, sedangkan Indonesia U-17 kalah 1-5 di kandang Malaysia U-17, sehingga tidak bisa mengikuti babak final Asia U-17,” tulis Soha.vn.

“Tim muda saat ini secara bertahap membuat kesan di lapangan dalam laga internasional. Keberhasilan tim junior tidak hanya memperkuat daftar prestasi, tetapi juga menjadi batu loncatan bagi para pemain muda untuk menciptakan langkah penerus di Timnas Vietnam,” jelasnya.

“Tim-tim muda memiliki peran untuk membekali dan membina generasi penerus agar Timnas Vietnam memiliki landasan untuk tujuan terbesar: Tampil di putaran final Piala Dunia 2026,” pungkasnya.

Video yang mungkin Anda sukai:

Load More