Irwan Febri Rialdi
Gary Lineker (kiri) saat memperkuat Timnas Inggris di Piala Dnia 1986. (Staf/AFP)

Bolatimes.com - Untuk menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar yang tak lama lagi akan berlangsung, akan dibahas 6 negara yang pernah menjadi kampiun Piala Dunia di negeri sendiri.

Ada mitos tersendiri di mana tuan rumah Piala Dunia akan kesulitan meraih gelar juara ajang sepak bola terbesar sejagat ini.

Akan tetapi, sejumlah negara nyatanya mampu mematahkan mitos tersebut. Bahkan salah satu di antaranya meraih gelar juara Piala Dunia di rumah sendiri pada edisi pertama.

Siapa saja negara-negara itu? Berikut ulasannya!

1. Prancis

Prancis berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia setelah menjadi kampiun di edisi 2018 yang berlangsung di Rusia. Ini menjadi gelar kedua Les Bleus di ajang Piala Dunia.

Gelar pertama Prancis didapatkan pada Piala Dunia 1998. Saat itu, Prancis yang diperkuat Zidane hingga Didier Deschamps mampu mengalahkan Brasil 3-0 di partai final.

2. Argentina

Argentina dalam beberapa edisi terakhir selalu menjadi salah satu favorit meraih gelar Piala Dunia dengan adanya Lionel Messi. Namun, Argentina belum mampu menambah gelar juara Piala Dunia menjadi 3 trofi.

Terakhir kali Argentina juara pada Piala Dunia 1986 di Meksiko. Lalu pada Piala Dunia 1978 yang berlangsung di Argentina, La Albiceleste menjadi kampiun di rumah sendiri.

3. Jerman Barat

Sebelum Argentina menjadi juara Piala Dunia 1978 di rumah sendiri, Jerman Barat lebih dulu meraih status juara sebagai tuan rumah di Piala Dunia 1974.

Saat itu Jerman Barat berhasil mengalahkan Belanda di partai final dengan skor 2-1.

4. Inggris

Piala Dunia 1966 melahirkan sejarah bagi sepak bola Inggris. Pada edisi itu, Inggris berhasil menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya yang didapat di kandang sendiri.

Skuad The Three Lions saat itu mengatasi perlawanan Jerman Barat di partai final dengan skor 4-2. Sayangnya hingga saat ini Inggris belum mampu meraih gelar Piala Dunia lagi.

5. Italia

Pada Piala Dunia edisi kedua yaitu pada tahun 1934, Italia terpilih sebagai tuan rumah. Italia lantas mampu melaju ke partai final dengan menghadapi Cekoslovakia.

Pertandingan final ini berjalan alot bahkan harus dilanjutkan hingga ke babak tambahan waktu. Italia akhirnya keluar sebagai kampiun usai menang 2-1.

6. Uruguay

Uruguay mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari gelaran pertama Piala Dunia pada 1930. Saat itu Uruguay berhasil melaju ke babak final dan melawan Argentina.

Uruguay yang saat itu punya kekuatan sepak bola bagus, berhasil mempecundangi Argentina dengan skor mencolok 4-2 dan keluar sebagai juara.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More