Rauhanda Riyantama
Henrik Larsson saat bermain di Manchester United. (AFP)

Bolatimes.com - Akhir masa karier Henrik Larsson terbilang cukup beruntung, di usianya yang sudah 35 tahun pada saat itu sukses membawa Manchester United meraih gelar juara di tahun 2007.

Hanya 3 bulan sejak didatangkan ke Old Trafford, Henrik Larsson dinilai sudah mampu mengubah mentalitas Manchester United sebagai tim juara.

Di paruh musim 2006-2007, Manchester United dengan nyaman memimpin klasemen sementara tanpa ada keraguan anak asuh Sir Alex Ferguson gagal juara.

Baca Juga:
Susul Kevin/Marcus, Fajar/Rian Melaju Mulus ke 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022

Meski begitu, Sir Alex disebut masih tidak nyaman dan merasa Manchester United membutuhkan penyerang baru sarat pengalaman dan mental juara.

Sosok penyerang yang harus bisa membimbing Wayne Rooney, Louis Saha dan Cristiano Ronaldo mengingat ketiga pemain ini belum pernah menjuarai Liga Inggris sebelumnya.

Ditambah saat itu Man United sudah berpuasa gelar selama tiga musim, meskipun Ferguson masih memiliki seorang Ole Gunnar Solskjaer dan Alan Smith.

Baca Juga:
3 Alasan PSM Makassar Bisa Kalahkan Kuala Lumpur City FC di Final Piala AFC 2022 Zona ASEAN

Henrik Larsson saat bermain di Manchester United. (AFP)

Tepat di bursa tranfer musim dingin 2007, Larrson didatangkan Man United dari Helsinborgs meski hanya berstatus pemain pinjaman selama tiga bulan.

Durasi yang terbilang sangat singkat, namun sangat memberi dampak besar bagi Ferguson yang dipusingkan dengan para pemainnya yang rentan cedera.

Larsson berstatus sebagai pemain juara usai di musim sebelumnya membawa Barcelona meraih gelar Liga Champions, hal itulah yang membuat Ferguson menaruh kepercayaan tinggi padanya.

Baca Juga:
Ricky Kambuaya usai Baikan dengan Nadeo Argawinata: Di Lapangan Lawan, Tapi di Luar Kawan

Meskipun saat itu para fan Setan Merah terheran dan tak segan memberi kritik keras klub yang dirasa sok hemat dan tak ingin dibilang pelit.

Pemain asal Swedia itu akhirnya debut di Old Trafford pada 7 Januari 2007, dalam Piala FA saat Man United menjamu Aston Villa.

Larsson juga berhasil mencetak satu dari dua gol kemenangan Man United atas Aston Villa dalam kemenangan dengan skor 2-1.

Baca Juga:
Comeback, Kevin/Marcus ke 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022 usai Hajar Wakil Republik Ceko

Setelahnya, Larsson bermain sebanyak 13 kali di semua kompetisi dan mencetak sebanyak tiga gol dan bahkan selama ia bermain Man United hanya menelan satu kali kekalahan.

Yakni saat bermain melawan Arsenal dengan skor 1-2, dua gol kemenangan The Gunners juga bahkan muncul saat Larsson ditarik keluar.

Penampilannya membuat Larsson banyak pujian, yak hanya dari suporter tetapi juga para pemain, termasuk Gary Neville, Ryan Giggs hingga Paul Scholes.

Kontributor: Eko
Load More