Jum'at, 02 Desember 2022
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 28 Mei 2022 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Jose Mourinho kembali membuat sensasi, bukan dengan kontroversi namun prestasi membanggakan bagi seorang manajer yang berkarier di Eropa, kali ini bersama AS Roma.

Meski hanya tingkatan ketiga dari kompetisi Eropa, Jose Mourinho berhasil membawa AS Roma meraih gelar juara Liga Konferensi Eropa 2021-2022.

Raihan ini menjadi pelengkap titel yang pernah diraih Jose Mourinho sebagai seorang manajer klub, mulai dari kasta tertinggi hingga tingkatan ketiga.

Lantas klub dan prestasi apa saja yang pernah diraih Jose Mourinho selama berkarier sebagai manajer klub di Eropa, berikut di antaranya.

1. FC Porto

Jose Mourinho saat melatih FC Porto. (AFP)

Cukup dua tahun saat ditunjuk sebagai pelatih FC Porto di tahun 2000, Mourinhi membawa klub Portugal merajai Eropa.

Dimusim pertamanya Mourinho membawa trofi Liga Portugal, Piala Portugal dan Piala UEFA untuk FC Porto.

Puncaknya pada musim kedua setelah membawa FC Porto meraih gelar Liga Champions, sejak saat itu namanya mencuat ke belahan dunia sepak bola dunia.

2. Chelsea

Kesuksesan dengan FC Porto membuat raksasa Liga Inggris kepincut meminangnya, Jose Mourinho akhirnya menjadi manajer anyar Chelsea.

Didukung dana berlimpah dari sang pemilik klub, Roman Abramovich mulai musim 2004-2005 menjadi awal sangarnya The Blues di kancah Eropa.

Total delapan trofi diberikan Mourinho untuk Chelsea, enam di antaranya diraih medio 2004-2007 dan sisanya saat ia kembali di tahun 2013 hingga 2015.

3. Inter Milan

Pelatih Inter Milan, Jose Mourinho menciup trofi Coppa Italia 2010 usai mengalahkan AS Roma di partai final (5/5/2010) (AFP)

Setelah sempat pergi dari Chelsea, Inter Milan merupakan destinasi selanjutnya bagi Mourinho dan di sinilah prestasi membanggakan ia raih.

Mou membawa Inter Milan merengkuh treble di musim 2009-2010, satu musim setelah ia didatangkan dari Stamford Bridge.

Catatan ini membawa Mourinho sebagai pelatih yang mampu membawa dua tim berbeda meraih treble, prestasi tertingginya.

4. Real Madrid

Sukses membawa Inter Milan menjadi jawara Eropa, Real Madrid kepincut jasa Mourinho hingga berhasil didatangkan pada 2010.

Musim pertamanya ia memberi El Real gelar Copa del Rey dan pada musim kedua ia sukses membawa Cristiano Ronaldo dkk meraih gelar La Liga.

5. Manchester United

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho saat melawan Burnley (Lindsey Parnaby/AFP)

Di tahun 2016 Manchester United berani untuk meminang Jose Mourinho setelah sempat meninggalkan Chelsea.

Saat Man United kesulitan mendapatkan sosok penerus Sir Alex Ferguson, Mourinho menjadi satu-satunya manajer yang mampu memberi trofi.

Tiga trofi sekaligus diberikan Mourinho di musim pertamanya, Community Shield, Piala Liga dan Liga Europa, meski begitu romansa dengan Setan Merah tak bertahan lama.

6. AS Roma

Di saat Mourinho dibuang Man United dan tak dihargai Tottenham Hotspur, AS Roma datang membawa pria Portugal kembali ke Italia.

Memulai musim pertama di 2021-2022, Mourinho sukses memberi gelar prestisius untuk klub Ibukota, meskipun kasta ketiga Eropa.

Liga Konferensi Eropa menjadi yang pertama bagi AS Roma sejak puluhan tahun absen meraih gelar, torehan ini sekaligus membawa Mourinho melengkapi trofi mentereng Eropa.

Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Trofi Conference, khusus yang terakhir merupakan trofi Eropa kelima bagi Mourinho selama karier kepelatihannya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

BACA SELANJUTNYA

Cristiano Ronaldo Merapat ke Al Nassr, Digaji Lebih Besar Ketimbang di Manchester United