Rauhanda Riyantama
Anderson Daronco, wasit terkekar sepanjang sejarah. (RAUL MARTINEZ / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL mengundang perhatian, bukan dari pemain dan hasil akhir tetapi sosok Anderson Daronco yang jadi pemimpin pertandingan tersebut.

Wasit asal Brasil, Anderson Daronco sempat membuat keputusan aneh dengan tak mengesahkan gol yang dicetak Peru meskipun bola terlihat sudah melewati garis gawang.

Karena keputusannya itu Uruguay berhasil memastikan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar dengan kemenangan tipis 1-0 atas Peru.

Baca Juga:
Rumor Masa Depannya di FC Utrecht Terancam, Bagus Kahfi Disarankan Cari Klub Baru

Peru jelas tidak terima dengan hasil tersebut, dan menyebut Anderson sebagai perampok setelah insiden di penghujung pertandingan yang melibatkan kiper Uruguay, Sergio Rochet.

Dalam tayangan ulang, Rochet menangkap bola tepat di belakang garis belakang gawang Uruguay, karena itu Peru langsung mengajukan protes ke FIFA.

Melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan Asosiasi Sepak Bola Peru (FPF) pada Jumat (25/3/2022) Peru mengadukan tindakan Anderson Daronco yang menyalahi aturan.

Baca Juga:
Momen Gol Kilat Hugo Gomes ke Gawang Tira Persikabo, tapi Masih Lebih Cepat David da Silva

Anderson Daronco, wasit terkekar sepanjang sejarah. (JUAN MABROMATA / AFP)

Terlepas dari itu, sosok Daronco memang menarik perhatian mata penggemar sepak bola, lebih jauh dari keputusannya di laga Peru melawan Uruguay.

Hal ini berkaitan dengan tubuh atletis Anderson, pria berusia 40 tahun itu terlihat seperti duplikasi dari bintang baru Barcelona, Adama Traore.

Rekaman video dan foto dari Daronco saat memimpin laga Peru melawan Uruguay beradar luas di media sosial, banyak penggemar yang terkejut dengan postur tubuhnya.

Baca Juga:
Lawan PSM Makassar, Arema FC Bertekad Akhiri Liga 1 dengan Hasil Manis

Prisa asal Rio Drande de Sul itu dianggap tidak pantas berprofesi sebagai wasit dan disebut lebih pantas menjadi binaragawan, atlet angkat besi hingga petarung MMA.

Daronco bisa jadi salah satu wasit terkekar sepanjang sejarah. Beberapa sumber menyebut bahwa dirinya memiliki lingkar lengan mencapai 44 cm.

Di negaranya, Daronco punya julukan unik. Wasit 41 tahun itu dijuluki 'Juiz Fortao' atau berarti 'hakim yang kuat'.

Baca Juga:
Sesumbar Bisa Juara Piala Dunia 2022, Timnas Portugal Klaim Punya Pemain Berkualitas

Sosok Daronco sebenarnya sudah menarik perhatian publik sejak Agustus tahun lalu, ia menjadi wasit pertama di Brasil yang menghentikan laga di tengah pertandingan.

Hal itu dilakukannya karena nyanyian homofobia yang dinyanyikan penonton di tribune, insiden itu terjadi di laga Vasco da Gama melawan Sao Paulo.

Daronco menginstruksikan kepada pelatih tim ruan rumah, Vanderlei Luxemburgo untuk berbicara kepada penonton di tribune, saat itulah gototnya tubuh sang wasit diperlihatkan.

Otot besar yang dimiliki berbanding lurus dengan ketegasannya dalam memimpin pertandingan. Tak heran jika banyak pemain yang tak mau mendebat keputusannya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More