Irwan Febri Rialdi
wilfriedzaha/Instagram

Bolatimes.com - Pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha, memutuskan untuk memperkuat timnas Pantai Gading setelah sebelumnya pernah membela Inggris.

Wilfried Zaha sempat memperkuat timnas Inggris dan sudah dua kali tampil sejak mencatatkan debut pada November 2012.

Namun, pada tahun 2012, Wilfried Zaha telah memilih mengganti kewarganegaraannya menjadi Pantai Gading, tanah air di mana dia dilahirkan,

Baca Juga:
Mata Merah dan Kulit Mengelupas, Roman Abramovich Diracun?

Wilfried Zaha tetap mendapatkan izin untuk memperkuat Pantai Gading di pertandingan internasional. Sebab, dua laganya bersama timnas Inggris hanya berlangsung pada ajang persahabatan.

Awalnya, Zaha dilahirkan di Abidjan, Pantai Gading, pada 10 November 1992. Namun, keluarganya memutuskan pindah ke Thornton Heath di London Borough of Croydon, ketika ia berusia empat tahun.

Dari sana, perjalanannya di dunia sepak bola bermula. Setelah sempat bermain di klub sekolah, Zaha akhirnya bergabung dengan akademi Crystal Palace pada usia 12 tahun.

Baca Juga:
Kode Keras, Trent Alexander-Arnold Sebut Dirinya Fans Berat Barcelona

Setelah berlatih selama beberapa tahun di akademi, Crystal Palace akhirnya memberikan kesempatan debut untuk Zaha pada 27 Maret 2010 saat menghadapi Cardiff City.

Manajer Crystal Palace saat itu, Paul Hart, memainkan Zaha sepuluh menit jelang laga bubaran untuk menggantikan Stern John.

Sejak saat ini, performanya bersama Crystal Palace terus melejit. Dia pun mendapatkan panggilan timnas Inggris U-19 pada 2011 dan U-21 pada 2012.

Baca Juga:
Pernah Bela Inggris, Gareth Southgate Komentari Wilfried Zaha yang Kini Bela Pantai Gading

Pada akhir tahun 2012, Zaha dipanggil untuk memperkuat timnas Inggris yang saat itu masih diarsiteki Roy Hodgson pada laga uji coba melawan Swedia.

Dua bermain sebagai pengganti bersama pemain yang juga mencatatkan debut saat itu, Raheem Sterling, pada menit ke-83.

Namun, pada 27 November 2016, Federasi Sepak Bola Pantai Gading mengkonfirmasi bahwa Zaha telah mengirimkan korespondensi ke FIFA untuk mengganti kewarganegaraannya dari Inggris ke Pantai Gading.

Baca Juga:
Louis van Gaal Sindir Manchester United Bukan Klub Bola, tapi Klub Komersial

Pada Januari 2017, Zaha tercantum dalam daftar pemain yang diumumkan timnas Pantai Gading untuk Piala Afrika 2017.

Dia mencatatkan debut pada laga melawan Swedia di Abu Dhabi pada 8 Januari 2017. Pemain berusia 28 tahun ini juga dipanggil untuk Piala Afrika 2019 di Mesir.

Pada ajang tersebut, Zaha mencatat dua kali dan sukses mengantarkan timnya melaju hingga babak perempat final.

Zaha sebetulnya memang bisa membela dua negara, Pantai Gading dan Inggris. Sebab, Pantai Gading adalah tempat dia dilahirkan, sedangkan Inggris merupakan tempatnya dibesarkan.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More