Rauhanda Riyantama
Momen Kapten Timnas Vietnam, Nguyen Ngoc Hai, nyaris duel lawan Mano Polking. (Soha)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan ditantang Thailand di final Piala AFF 2020. Jelang laga ini, pelatih tim Gajah Perang, Alexandre Polking, memilih timnya berstatus Underdog dan menyebut timnya bukan favorit juara.

Timnas Indonesia menjadi tim pertama yang memastikan tempat di final usai mengalahkan Singapura dengan agregat 5-3 di semifinal.

Di leg pertama, Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah kompetisi. Namun, di leg kedua tim Merah Putih mampu membungkam Singapura dengan skor 4-2.

Baca Juga:
Layangkan Sikutan ke Pemain Vietnam, Theerathon Bunmathan Disebut Licik

Di laga final ini, Indonesia akan bertemu dengan Thailand yang melaju ke final usai memenangi semifinal dengan agregat 2-0 atas Vietnam.

Di leg pertama, Thailand mampu meraih kemenangan 2-0 lewat sumbangsih Chanathip Songkrasin. Di leg kedua, tim Gajah Perang pun hanya cukup bermain imbang 0-0 kontrak Vietnam untuk melangkah ke final.

Jelang pertemuan kedua tim, Thailand diuntungkan atas Indonesia jika melihat sejarah di Piala AFF. Dalam tiga pertemuan dengan skuat Garuda di partai puncak, tim Gajah Perang selalu keluar sebagai pemenang.

Baca Juga:
Jadwal Final Piala AFF 2020: Indonesia vs Thailand Digelar 2 Leg

Modal berharga ini pun dibarengi dengan fakta bahwa di Piala AFF 2020 ini Thailand dihuni deretan bintang berpengalaman seperti Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Theerathon Bunmathan.

Hal ini berbeda dengan Indonesia yang mayoritas dihuni dan terus memainkan pemain muda yang belum banyak pengalaman.

Meski begitu, pelatih Thailand, Alexandre Polking, merasa timnya bukanlah favorit juara. Justru ia merasa di laga final ini tak ada satupun tim yang difavoritkan.

Baca Juga:
6 Pemain Liga 3 Sulsel Resmi Jadi Tersangka usai Keroyok Wasit

“Tidak, saya rasa tidak ada tim favorit di final. Ini bakal jadi laga sulit,” tutur Polking dalam konferensi pers virtual pasca laga, Minggu (26/12/21).

Hanya saja, Polking dan Thailand merasa percaya diri di laga final nanti usai mengalahkan Vietnam yang notabene tim terkuat di Asia Tenggara saat ini.

“Tetapi yang penting sekarang kami mengalahkan Vietnam, tim juara bertahan. (Itu) bagus buat kepercayaan diri kami,” pungkasnya.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Tampil Perkasa, Man City Benamkan Leicester 6-3

Final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand sendiri akan berlangsung dengan format dua leg yang digelar di Stadion Nasional, Singapura pada tanggal 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More