Rauhanda Riyantama
Timnas Prancis tumbang di tangan Swiss dalam laga Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)

Bolatimes.com - Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 kelar sudah. Hasilnya cukup mengejutkan, yang mana tim-tim favorit juara seperti Belandan, Portugal hingga Prancis bertumbangan di fase gugur ini.

Tim pertama yang memastikan diri lolos ke perempatfinal Euro 2020 adalah Denmark. Tim yang awal-awalnya terseok-seok di babak fase grup, sukses membantai Wales dengan skor 4-0 di Johan Cruyff Arena, Sabtu (26/6/2021) malam.

Di malam yang sama, Italia menyusul Denmark lolos ke perempatfinal setelah menang susah payah atas Austria hingga babak perpanjangan waktu dengan skor 2-1. Dua gol pemain pengganti dari Chiesa dan Matteo Pessina cuma bsia dibalas satu oleh Sasa Kalajdzic.

Baca Juga:
Hasil Euro 2020 Semalam: Inggris Depak Jerman, Ukraina Bikin Sejarah

Berlanjut ke hari Minggu (27/6/2021), laga 16 besar Euro 2020 mempertemukan duel klasik Belanda vs Republik Ceko. Digadang-gadang bakal menjadi salah satu kandidat juara, Der Oranje justru tampil memble usai keok 2-0 di tangan Ceko berkat gol-gol dari Tomas Holes dan Patrik Schick.

Dua jam setelah kegagalan Belanda, Portugal yang merupakan juara bertahan menyusul, nyungsep!. Perjuangan Cristiano Ronaldo cs di ajang Euro 2020 harus kandas usai dibungkam 1-0 oleh Belgia lewat gol Thorgan Hazard.

Selanjutnya pada Senin (28/6/2021) malam, dilanjutkan dengan Kroasia vs Spanyol. Laga sengit tercipta di pertandingan ini, total 8 gol tercipta!.

Baca Juga:
Menang Dramatis, Ukraina Cetak Sejarah Lolos Perempat Final Euro 2020

Setelah bermain sama kuat 3-3 selama 90 menit. Spanyol mengamuk di babak perpanjangan waktu menambah dua gol lagi. Spanyol lolos perempatfinal Euro 2020 setelah menang 5-3 atas Kroasia.

11/12 dengan Belanda dan Portugal, Prancis yang dipenuhi pemain bintang berakhir tragis kala melawan tim non unggulan Swiss.

Romelu Lukaku memeluk Cristiano Ronaldo usai laga Portugal vs Belgia Euro 2020. (AFP/Lluis Gene/ Pool)

Sempat tertinggal 1-0, kemudian bisa membalikkan keadaan menjadi 3-1. Tak dinyana, di akhir-akhir pertandingan, Swiss bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Baca Juga:
Jimat Kemenangan Inggris, Raheem Sterling Justru Puji Pemain Ini

Bukannya mencoba menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan di babak perpanjangan waktu. Prancis malah tampil memble dan harus melewati babak tos-tosan alias adu penalti.

Di sinilah keberuntungan berbicara, Swiss menyelesaikan dengan baik jatah para penendangnya. Sementara Kylian Mbappe yang menjadi eksekutor terakhir Prancis malah gagal menyelesaikan tugasnya. Hari itu menjadi salah satu hari terburuk di karirnya, Prancis kalah dengan skor 4-5.

Lanjut pada Selasa (29/6/2021) malam, Inggris bertemu Jerman. Petaka bagi skuat Der Panzer, dua gol dari Raheem Sterling dan Harry Kane harus menyudahi perjuangan mereka di Euro 2020. Jerman tersingkir!

Baca Juga:
Inggris Tumbangkan Jerman, Harry Maguire Jadi Pemain Terbaik

Terakhir pada Rabu dini hari tadi, Ukraina dengan gaya menyingkirkan Swedia lewat gol dramatis striker pengganti di menit terahir babak tambahan waktu! Ukraina lolos dengan kemenangan 2-1 atas Swedia.

Berikut tim-tim yang lolos perempatfinal Euro 2020.

Denmark
Italia
Belgia
Spanyol
Swiss
Inggris
Ukraina

Load More