Rauhanda Riyantama
Stadion Santiago Bernabeu, Madrid (AFP)

Bolatimes.com - Santiago Bernabeu merupakan stadion sepak bola terbesar ketiga di Eropa yang terletak di kota Madrid, Spanyol. Stadion ini merupakan markas utama klub tersohor, Real Madrid dan juga markas Timnas Spanyol.

Tidak hanya sebagai stadion, Santiago Bernabeu sudah menjadi rumah yang nyaman bagi Real Madrid sejak 1947. Penasaran bagaimana sejarah Santiago Bernabeu ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sejarah Nama Stadion Santiago Bernabeu

Baca Juga:
Disebut Penyusup Seksi, Adu Pose Maria Shumilina dan Kinsey Wolanski

Belum banyak yang mengetahui arti di balik nama Santiago Bernabeu. Nama ini adalah nama seorang pria asal Spanyol yang mendedikasikan seluruh waktu hidupnya untuk Real Madrid. Ia merupakan mantan pemain, asisten pelatih, pelatih, dan presiden klub yang mengantarkan Real Madrid disegani dunia.

Tak hanya piawai dalam mengurus klub, Santiago juga menginisiasi pembangunan stadion baru yang dibangun pada 1947. Kala itu kandang baru Real Madrid bernama New Chamartin.

Suasana renovasi Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, pada Maret 2021 yang melenceng dari target. [AFP]

Setelah dilakukan renovasi dan upgrade stadion, dewan direksi Real Madrid memutuskan mengganti nama New Chamartin menjadi Santiago Bernabeu pada 1955. Hal ini diambil sebagai wujud apresiasi atas pengorbanan dan jasa besar Santiago terhadap Real Madrid.

Baca Juga:
Piala Wali Kota Solo Ditunda, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?

Pembangunan Stadion Santiago Bernabeu

Pembangunan Stadion Santiago Bernabeu dimulai sebelum akhir Perang Dunia II dan berkembang menjadi stadion sepak bola paling terkenal di dunia. Hal ini tak lepas dari pandangan visioner Real Madrid akan masa depan klubnya dengan terus mengembangkan stadion tempat bernaung.

Stadion ini dibangun dengan konstruksi yang megah dan mampu menampung hingga 81.000 penonton. Stadion para madridista ini dilengkapi infrastruktur dan fasilitas mulai dari video score, megafon, ruang ganti, dan instalasi pemanas terbaik di dunia.

Baca Juga:
Profil Mbappe, Eksekutor Terakhir Drama Adu Penalti Prancis vs Swiss

Saat kepemimpinan Florentino Perez, ia meluncurkan proyek “Master Plan untuk Infrastruktur Stadion”. DIa memandang perlu adanya aktualisasi teknis di bidang instalasi dan infrastruktur, bidang komersial, serta sarana bisnis baru. Hal ini telah membuat Santiago Bernabeu menjadi “Stadion 365 hari setahun”.

Saat ini terdapat empat restoran, fasilitas tur stadion, dan toko olahraga terbesar di dunia sehingga pada tahun 2017, Santiago Bernabeu ditetapkan UEFA sebagai stadion elite. Hal ini tentu menjadi markas kebanggaan Real Madrid sebagai referensi olahraga, sosial, komersial, dan bisnis. Santiago Bernabeu pun juga dikenal sebagai contoh modernitas, fungsi, dan manajemen hingga kini.

Itulah sejarah dan perkembangan Stadion Santiago Bernabeu sebagai markas besar Real Madrid.

Baca Juga:
Profil Granit Xhaka, Pengungsi yang Jadi Pahlawan Swiss di Euro 2020

Kontributor: Yulia Kartika Dewi
Load More