Rauhanda Riyantama
Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer membuat heboh di gelaran Euro 2020. Ia menggunakan ban kapten motif pelangi yang menandakan simbol LGBT.

Neur menggunakan ban kapten pelangi saat pertandingan Jerman vs Portuga di Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munchen pada Sabtu (19/6/2021) kemarin.

Aksi Neuer tersebut kemudian memicu kontroversi. Alhasil, UEFA menduga ban kapten pelangi itu mengandung pesan politik yang dilarang keras dalam sepak bola, sebab pelangi dapat berarti simbol kelompok LGBTQ+ (lesbian, gay, biseksual, transgender, queer, dan lainnya).

Baca Juga:
Bali United dan Persipura Terancam Batal Tampil di Piala AFC 2021

"Betul, ban kapten sedang diinvestigasi. Kami akan membicarakan hal ini dengan UEFA. Peraturan tersebut menyatakan bahwa ban kapten yang secara resmi disediakan oleh UEFA harus dipakai," tulis keterangan Asosiasi Sepak Bola Jerman, @DFB_Team, Senin (21/6/2021).

Namun, pemeriksaan tidak berlangsung lama sebab Neuer dinilai mempunyai alasan yang baik untuk mengenakan ban kapten pelangi tersebut.

"UEFA hari ini telah mengabari DFB bahwa mereka telah menghentikan pemeriksaan ban kapten pelangi yang dikenakan oleh Manuel Neuer," sambung DFB.

Baca Juga:
Intan Saumadina Tampil Cantik Dukung Jerman di Euro 2020, Netizen: Glowing!

"Dalam sebuah surat, ban kapten pelangi dinilai sebagai simbol tim untuk keragaman dan untuk tujuan yang baik," tegasnya.

Juni memang diperingati sebagai bulan perayaan untuk kaum LGBTQ+ atau kaum yang memiliki orientasi seks berbeda.

Selanjutnya, Neuer tetap akan menggunakan ban kapten pelangi pada pertandingan terakhir grup F melawan Hongaria di Allianz Arena, Munchen, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Timnas Italia Usai Ukir Rekor 30 Laga Tanpa Kalah

Dalam pertandingan itu pengelola stadion Allianz Arena juga akan menyalakan lampu pelangi sebagai peringatan untuk keberagaman.

(Stephanus Aranditio)

Baca Juga:
Mancini Bikin Rekor Istimewa usai Bawa Italia Tak Terkalahkan di 30 Laga

Load More