Luthfi Haekal Munawar
Franz Beckenbauer bersama piala yang telah diraihnya.(Foto: Instagram @franzbeckenbauer)

Bolatimes.com - Sang legenda sepakbola Jerman yakni Franz Beckenbauer meninggal dunia pada Senin (7/1/2024) waktu setempat. Legenda Jerman yang berjuluk "Der Kaiser" tersebut meinggal dunia di usia 78 Tahun.

Melalui kantor berita negara Jerman yakni DPA, keluarga Beckenbauer mengkonfirmasi kabar atas kematian dari Beckenbauer. 

Beckenbauer ialah salah satu pemain sepakbola yang paling gemilang pada masanya dalam sejarah sepak bola dunia. Selama karirnya, Beckenbauer telah berhasil mempersembahkan gelar Piala Eropa (1972) serta Piala Dunia (1974) untuk tim nasional Jerman sebagai seorang pemain. Selain itu, Beckenbauer juga berhasil memberikan gelar Piala Dunia pada tahun 1990 dengan menjadi pelatih timnas berjuluk Tim Panser tersebut.

Beckenbauer yang juga legenda Bayern Muenchen itu, berhasil meraih tiga trofi Uefa Champions League, lima juara Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Interkontinental serta satu piala Winner UEFA.

Torehan pribadi terbaiknya terjadi pada saat ia tercacat meraih dua gelar pemain terbaik atau lebih dikenal sebagai Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1972. Beckenbauer yang berjuluk Der Kaiser tersebut masuk kedalam tim terbaik sepanjang masa di Piala Dunia.

Mantan rekan Beckenbauer yakni Rudi Voller menyebutkan bahwa ia bangga menjadi saksi kehebatan dari Beckenbauer. Rudi Voller menegaskan bahwa Beckenbauer selamanya akan menjadi bagian cemerlang dari sepakbola Jerman.

"Saya menganggap ini salah satu hak istimewa dalam hidup saya untuk mengetahui dan melihat kehebatan Franz Beckenbauer. Der Kaiser telah mennjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi, ia akan selamanya menjadi bagian cemerlang dalam sepakbola Jerman," ucap Rudi Voller, mantan rekan satu tim Beckenbauer.

Load More