Rauhanda Riyantama
Aksi penyerang Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech saat pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada leg pertama semifinal Liga Champions. (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Bolatimes.com - Ahli kebugaran Ajax Amsterdam, Raymond Verheijen, mengeluarkan keputusan kontroversial usai melarang dua pemain muslimnya, Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui menunaikan ibadah puasa Ramadan. Bahkan jika tetap berpuasa, mereka dinilai tak bertanggung jawab dengan profesinya.

Keputusan yang dikeluarkan ahli kebugaran itu memang terdengar tak masuk akal. Namun, ia memiliki alasan tersendiri terkait kebijakan tersebut.

Raymond Verheijen menginginkan pemainnya tak terlihat lemas saat bertanding. Pasalnya, gula darah dalam tubuh manusia berkurang saat berpuasa.

Baca Juga:
Demam Setan Gundul, Nama Bek Manchester City Ini Tercatut

Mengingat Ajax Amsterdam kini berada dalam fase krusial sepanjang bulan Ramadan tahun ini. Dua momen penting sudah di depan mata, yakni semifinal Liga Champions dan perebutan titel juara Liga Belanda.

''Tindakan yang tak bertanggung jawab jika Ziyech dan Mazraoui tetap menjalankan puasa Ramadan pada fase seperti ini. Situasi di Ajax sangat ekstrem, semua orang tahu itu,'' ungkap Raymond Verheijen, dikutip dari Mirror.

''Ketahanan tubuh pemain akan kurang, itu (puasa) juga akan mengubah pola latihan dan pola makan dalam 11 bulan terakhir,'' katanya menambahkan.

Baca Juga:
Legenda Liverpool: Luis Suarez Seperti Tikus, Licik, dan Kotor

Gelandang Ajax Amsterdam, Noussair Mazraoui saat berduel dengan pemain Tottenham Hotspur, Christian Eriksen pada laga leg pertama semifinal Liga Champions. (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Selain soal pola latihan, ahli kebugaran tersebut juga mengungkapkan jika masa berpuasa di Belanda terbilang panjang. Bagaimana tidak, matahari terbenam pukul 21.18, sementara pertandingan pukul 21.00, sehingga sangat tidak mungkin pemain bertanding tanpa mengisi tubuh dengan nutrisi.

''Matahari terbenam pada Rabu malam pukul 21.18 waktu setempat, sementara pertandingan semifinal leg kedua dimainkan pukul 21.00,'' jelas Raymond Verheijen.

''Jelas tidak mungkin mereka main tanpa makan lebih dulu. Bagaimana jika pertandingan berlanjut ke babak tambahan karena Tottenham unggul 1-0?,'' imbunya.

Baca Juga:
Unggul 3 Gol, Pelatih Barcelona Enggan Remehkan Liverpool

''Saya harap para pemain bisa mengerti bahwa berpuasa saat ini nyaris tidak mungkin bagi mereka,'' tandas sang ahli kebugaran.

Seperti diketahui, Ajax Amsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal Liga Champions di Johan Cruijff Arena, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB. Sementara di kompetisi domestik sedang bersaing dengan PSV Eindhoven untuk menetukan gelar juara Liga Belanda.

Load More