Stephanus Aranditio
Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (Sumber: SI)

Bolatimes.com - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjadikan timnas Prancis sebagai contoh untuk menyuarakan kesetaraan ras dalam hidup sebagai manusia di dunia.

Hal itu ia sampaikan saat pidato di Johannesburg, Afrika Selatan acara untuk menghormati Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. Menurutnya Prancis telah membuktikan ras afrika yang berkulit hitam bisa menjadi juara dunia.

"Lihat saja, tim sepak bola Prancis yang baru memenangkan Piala Dunia, mereka tidak terlihat sebagai Galia dihadapan saya. Tapi mereka Prancis!" tegas Obama.

Baca Juga:
Korea Selatan Bawa 4 Pemain Piala Dunia ke Asian Games 2018

Obama sendiri merupakan anak dari seorang perempuan kulit putih dari Kansas, Amerika Serikat dan ayahnya adalah pria kulit hitam dari Kenya, Afrika Timur. Ia menjadi Presiden kulit gelap pertama di Amerika Serikat pada 2009.

Sementara Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia 2018 setelah menang 4-2 atas Kroasia, Minggu (15/7/2018) di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia.

Gol Prancis dicetak oleh Mario Mandzukic (18' -bunuh diri), Antoine Griezmann (38' -pen), Kylian Mbappe (65'), dan Paul Pogba (58') . Sementara gol Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic (28') dan Mario Mandzukic (69').

Baca Juga:
VIDEO: Prancis Ciptakan Lagu untuk N'Golo Kante, Sindir Messi

Dua pencetak gol Perancis melawan Kroasia di final Piala Dunia memiliki darah Afrika: orang tua Paul Pogba berasal dari Guinea sementara orang tua Kylian Mbappé adalah orang Kamerun dan Aljazair.

Paul Pogba/Twitter

Seperti diketahui sebelumnya, setidaknya ada darah Afrika yang mengalir di 15 pemain dalam skuad Prancis sang Juara Piala Dunia 2018. Mereka diantaranya, Samuel Umtiti lahir di Kamerun, Steve Mandanda lahir di Republik Demokratik Kongo. Orang tua Paul Pogba berasal dari Guinea, N'Golo Kante dari Mali. 

Orang tua Blaise Matuidi berasal dari Angola dan datang ke Prancis melalui Republik Demokratik Kongo. Kylian Mbappe memiliki ibu Aljazair dan ayah Kamerun. Presnel Kimpembe dan ayah Steven Nzonzi adalah orang-orang Kongo. Ayah Corentin Tolisso berasal dari Togo.

Baca Juga:
Raphael Varane: Kylian Mbappe Adalah Alien!

Hubugan antara Afrika-Prancis ini menjadikan mereka banyak disebut "tim keenam" Afrika di Piala Dunia FIFA 2018 , selain Mesir, Maroko, Nigeria, Senegal, dan Tunisia. Bahkan mereka sering disebut "Pan-Afrika".

15 Pemain Prancis keturunan Afrika/ BRFootball

Load More