Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Didier Deschamps meraih trofi Piala Dunia edisi 1998 (Daniel Garcia/AFP)

Bolatimes.com - Prancis berhasil merengkuh trofi Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia di babak final. Keberhasilan Les Bleus itu pun membuat pelatih Prancis, Didier Deschamps menjadi pelatih ketiga yang sukses mengantar negaranya mengangkat trofi Piala Dunia.

Piala Dunia 2018 menciptakan banyak sejarah baru usai Prancis mengalahkan Kroasia di final Piala Dunia yang dihelat di Rusia. Salah satunya adalah Didier Deschamps yang sukses mempersembahkan trofi paling bergengsi sejagat baik ketika sebagai pemain dan bahkan ketika menjadi pelatih.

Sebagai pemain, 20 tahun lalu Deschamps yang mengemban tugas sebagai kapten berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia edisi 1998.

Baca Juga:
Argentina Resmi Pecat Jorge Sampaoli dari Kursi Pelatih

Kini sebagai pelatih, Deschamps juga berhasil membuktikan dirinya mampu mengantarkan kembali trofi Piala Dunia ke pangkuan Prancis.

Namun, Didier Deschamps bukan lah satu-satunya orang yang berhasil mencapai hal tersebut. Setidaknya terdapat dua orang yang lebih dulu sukses mempersembahkan trofi Piala Dunia baik saat menjadi pemain dan juga ketika beranjak sebagai pelatih.

Berikut Bolatimes sajikan 3 orang yang berhasil membawa negaranya berjaya di Piala Dunia, baik sebagai pemain dan pelatih.

Baca Juga:
Mantan Rekan Pep Guardiola, Rafael Berges Mundur dari Mitra Kukar

1. Mario Zagallo (1958 dan 1970)

Mario Zagallo/Twitter

Mario Zagallo disebut sebagai winger terbaik sepanjang masa yang dimiliki oleh skuat tim Samba. Ketika masih sebagai pemain, Zagallo sangat ditakuti akan kelincahannya di atas lapangan hijau. Dia dianggap pemain yang memiliki kemampuan lengkap. Selain lihai beroperasi di posisi sayap, ia juga tangguh di lini depan.

Ketika masih menjadi pemain, Mario Zagallo berhasil membawa Brasil meraih trofi Piala Dunia pada dua edisi beruntun, yakni pada 1958 di Swedia dan 1962 di Chile.

Baca Juga:
Puluhan Jurnalis Wanita Alami Pelecehan Selama Piala Dunia 2018

Setelah berhenti aktif bermain sepak bola, Mario Zagallo melanjutkan karir sebagai pelatih. Keberhasilannya berlanjut ketika membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1970 di Meksiko. Kala itu Brasil menang telak 4-1 atas Italia di final.

2. Franz Beckenbauer (1974 dan 1990)

Franz Beckenbauer menerima trofi Piala Dunia 1974 di Munich, Jerman Barat (STF/AFP)

Legenda Jerman ini akan selalu diingat atas pencapaian yang ia persembahkan untuk Der Panzer. Franz Beckenbauer merupakan salah satu dari deretan pemain terbaik yang dimiliki Jerman.

Baca Juga:
Kemesraan Presiden Prancis dan Kroasia di Final Piala Dunia 2018

Franz Beckenbauer dikenal sebagai sosok yang jenius di lapangan. Tak heran ia bisa membawa Jerman Barat meraih trofi Piala Dunia edisi 1974. Berperan sebagai pemain bertahan, ia selalu menunjukkan pertahanan yang kokoh di lini belakang.

Usai memutuskan untuk pensiun, Beckenbauer ditunjuk sebagai pelatih Jerman pada tahun 1984. Kejeniusannya sebagai pemain pun tetap sakti ketika ia beralih sebagai pelatih. Beckenbauer berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia pada tahun 1990 yang berlangsung di Italia. Tim besutannya menang tipis 1-0 atas Argentina.

3. Didier Deschamps (1998 dan 2018)

Pelatih Prancis, Didier Deschamps memegang trofi Piala Dunia 2018/Twitter

Didier Deschamps baru saja menyusul dua nama di atas setelah berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 sebagai pelatih. Pencapaiannya itu diraih usai memimpin Prancis mengalahkan Kroasia dengan skor yang memuaskan, yakni 4-2.

Adapun empat gol Prancis dicetak lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic (18'), Antoine Griezmann (Penalti 38'), Paul Pogba (59'), Kylian Mbappe (65'). Sementara Kroasia berhasil memperkecil kekalahan lewat dua gol dari kaki Ivan Perisic (28) dan Mandzukic (69).

Kemudian saat Didier Deschamps masih sebagai pemain 20 tahun lalu, ia berhasil membawa Prancis merengkuh trofi Piala Dunia tahun 1998 bersama Fabian Barthez dan Zinedine Zidane.

Kala itu Prancis berhasil mengangkat trofi Piala Dunia usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-0. 

Load More