Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2018 telah dihelat sejak Kamis (14/6/2018) di Rusia. Hingga saat ini Rabu (20/6/2018), sebanyak 16 pertandingan telah dimainkan mulai dari Grup A sampai G. Dari sejumlah laga tersebut, pertandingan berlangsung keras. Terbukti dengan adanya total sembilan penalti yang dihadiahkan oleh wasit.

Namun, dari sembilan penalti tersebut, ada dua nama yang nahas. Mereka adalah Lionel Messi dan Christian Cueva.

Messi gagal mencetak gol kala Argentina dihadiahi penalti oleh wasit ketika berhadapan dengan Islandia. Bermain di Spartak Stadium, Sabtu (16/6/2018), sepakan penalti bintang Barcelona itu sukses ditepis kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson.

Baca Juga:
Piala Dunia 2018: Senegal Bungkam Polandia 2-1

Argentina pun terpaksa harus ditahan imbang oleh Islandia dengan skor 1-1 lewat gol yang masing-masing dicetak oleh Sergio Kun Aguero dan Alfred Finnbogason.

Pada hari yang sama, nasib serupa juga dialami pemain Peru, Christian Cueva. Ia gagal mengonversi bola dari titik putih saat ditunjuk menjadi eksekutor tim. Berhadapan dengan kiper Denmark, Kasper Schmeichel, tendangan Cueva malah melambung tinggi ke atas gawang.

Baca Juga:
Fakta Menarik Jelang Rusia vs Mesir

Kegagalan itu membuat Peru harus kehilangan poin di laga perdana setelah tumbang 0-1 dari Denmark.

Berikut daftar algojo dan negara yang mendapat penalti di laga awal Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Man of the Match Kolombia Vs Jepang: Yuya Osako

1. Cristiano Ronaldo (Portugal) - gol
2. Antoine Griezmann (Prancis) - gol
3. Mile Jedinak (Australia) - gol
4. Lionel Messi (Argentina) - gagal
5. Christian Cueva (Peru) - gagal
6. Luka Modric (Kroasia) - gol
7. Andreas Granqvist (Swedia) - gol
8. Ferjani Sassi(Tunisia) - gol
9. Shinji Kagawa (Jepang) - gol

Data tersebut pun memunculkan fakta bahwa hanya ada tujuh pertandingan awal Piala Dunia 2018 yang bebas dari hadiah penalti. Ketujuh laga tersebut adalah Rusia vs Arab Saudi, Mesir vs Uruguay, Maroko vs Iran, Kosta Rika vs Serbia, Jerman vs Meksiko, Brasil vs Swiss, Belgia vs Panama, dan Polandia vs Senegal.

Sebagai informasi, sembilan penalti di laga perdana Piala Dunia 2018 terhitung banyak dibanding edisi sebelumnya yang dihelat di Brasil. Pada Piala Dunia 2014, jumlah penalti yang diberikan oleh wasit dari awal turnamen hingga final hanyalah 13 penalti.

Baca Juga:
Mohamed Salah Kirim Pesan Mengharukan Jelang Laga Lawan Rusia

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More