Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Jerman/Twitter

Bolatimes.com - Jerman menjadi salah satu negara yang penampilannya paling ditunggu di Piala Dunia 2018. Sebagai juara bertahan tak sedikit orang yang menjagokan Den Panzer untuk mengulang kesuksesan pada gelaran kali.

Namun, berbeda dengan Thomas Berthold, seorang legenda sepak bola Jerman yang kini menjadi seorang analis sepak bola. Ia memilih pandangan tersendiri terkait skuat Jerman kali ini.

Kendati banyak orang mengunggulkan, pemain yang dua kali merasakan final Piala Dunia bersama Jerman itu justru menilai negaranya masih kalah dibanding Prancis, Brasil, dan Spanyol di Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Resmi, Laga Tunda Persija Vs Persib Digelar di Stadion PTIK

Thomas Berthold saat masih memperkuat Timnas Jerman. (Sumber: Fifa.com).

"Ketika Anda melihat sejarah Piala Dunia, tiga negara seperti Brasil, Italia, dan kami telah memenangi total 13 titel. Saya pikir tidak ada tim lain yang sudah mencapai semifinal sesering Jerman. Dan kapanpun Anda mencapai semifinal, ada banyak faktor yang tidak bisa diperhitungkan, terutama ketika Anda melawan tim-tim unggulan," ujar Berthold kepada Fifa.com.

Baca Juga:
Tanggapan Lionel Messi Soal Rumor Griezmann ke Barcelona

"Kami bukan favorit yang jelas. Prancis, Brasil, dan Spanyol masih unggul dari kami dan Argentina kurang atau lebih adalah kuda hitam turnamen," tuturnya menambahkan.

Jerman akan pergi ke Rusia dengan menyandang status juara bertahan. Namun, skuat yang sekarang telah berbeda. Tak ada lagi para pemain seperti Philip Lahm, Miroslav Klose, dan Bastian Schweinsteiger.

Baca Juga:
Hindari Serangan Rasis, Rose Minta Keluarga Tak Datang ke Rusia

Jerman saat berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018. (Sumber: Instagram)

Memang pelatih Joachim Low tetap membuktikan kualitas Jerman dengan berhasil mencatatkan kemenangan 100 persen di ajang kualifikasi dan menjuarai Piala Konfederasi 2017.

Tetapi ada yang mengkhawatirkan di kubu Jerman menjelang kick-off Piala Dunia 2018. Thomas Muller dan kolega belum pernah menang saat melawan negara-negara kuat di laga uji coba. Die Mannschaft ditahan imbang ketika melawan Inggris, Prancis, dan Spanyol. Bahkan, mereka kalah 0-1 saat menjajal kekuatan Brasil.

Baca Juga:
Ini Sosok di Balik Gaya Rambut Baru Penggawa Timnas Inggris

Di Piala Dunia 2018 Jerman akan berada di Grup F. Mereka akan bersaing dengan Meksiko, Korea Selatan, dan Swedia.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More