Irwan Febri Rialdi
Farhan Halim. (Instagram/@lifco_photograph)

Bolatimes.com - Salah satu pemain yang menuai decak kagum saat Timnas Voli Indonesia menggasak seluruh lawannya hingga akhirnya meraih medali emas SEA Games 2023 ialah Farhan Halim

Perjalanan yang harus ditempuh Farhan Halim untuk bisa menjadi bintang Timnas Voli Indonesia memang tak berlangsung mulus. Sebab, saat masih kecil, dia sempat mengalami kecelakaan yang membuat dua jarinya putus.

Kecelakaan tragis yang dialami Farhan Halim hingga membuat kedua jari tangan kirinya terputus itu terjadi pada saat ia masih duduk di kelas empat bangku sekolah dasar (SD).

Baca Juga:
Pemain Keturunan Indonesia Dapat Panggilan Bela Timnas Belanda, PSSI Kehilangan 1 Aset Lagi

Ketika itu, seminggu sebelum lebaran, Farhan Halim terjatuh dari atas menara penampungan air. Seusai kejadian itu, darah segar mengalir deras dari tangan kirinya.

Insiden itu ternyata membuat jari manis dan jari kelingkingnya terputus lantaran terjepit di antara besi penyangga menara air tersebut.

Sejak peristiwa itu, Farhan berusaha bangkit. Anak lelaki yang berusia muda ini berupaya berbesar hati. Dia pun sempat menekuni dunia bulu tangkis, jauh sebelum dikenalkan permainan voli oleh ayahnya.

Baca Juga:
Profil Jesus Casas, Pelatih Timnas Irak yang Remehkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Momen perkenalannya dengan voli bermula saat ia duduk di bangku kelas dua sekolah menengah pertama (SMP). Sejak momen itu, dia menjelma menjadi sosok pevoli yang istimewa.

Sejak saat itu pula, dia juga sudah mulai memiliki pukulan yang sangat keras dan tajam saat melakukan jump serve. Hal inilah yang menjadi keistimewaan Farhan hingga akhirnya mendapat beasiswa dari Paguyuban Pasundan.

Beasiswa ini membuat Farhan bisa menjalani pendidikan tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, sejak 2019, sekaligus mengasah bakat dan potensinya di dunia voli bersama klub Pasundan Bandung.

Baca Juga:
Pernah Jadi Provokator di Laga Lawan Timnas Indonesia, Bek Thailand Mendadak Umumkan 'Pensiun' dari Sepak Bola

Penampilan fenomenal Farhan Halim sepanjang gelaran SEA Games 2023 memang semakin menegaskan kualitasnya sebagai salah satu bintang Timnas Voli Indonesia.

Salah satu keunggulan yang dimiliki atlet berusia 22 tahun ini ialah jump serve yang keras dan tajam. Para pemain lawan sering kali kerepotan untuk mengantisipasi arah jatuhnya bola tersebut.

Momen yang cukup membuat seluruh pasang mata memberikan apresiasi ialah pada masa-masa awal set kedua partai final cabang olahraga voli putra SEA Games 2023.

Baca Juga:
Indra Sjafri Selalu Kalahkan Vietnam di Fase Gugur lalu Raih Juara, bakal Terulang di SEA Games 2023?

Duel yang mempertemukan antara Indonesia dengan tuan rumah Kamboja itu memang menjadi panggung tersendiri yang memberikan lampu sorot kepada Farhan.

Sebab, Timnas Voli Indonesia sempat unggul hingga 9-0 atas tim tuan rumah karena servis lompat Farhan Halim yang keras dan tajak ke area permainan lawan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More