Rauhanda Riyantama
Starting XI Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final SEA Games 2023. (Insra

Bolatimes.com - Piala AFF U-23 2023 segera bergulir di depan mata, di bawah komando Shin Tae-yong akan ada sedikit perubahan di mana sederet pemain juara SEA Games 2023 berpotensi absen.

Sejumlah pemain dari skuad juara SEA Games 2023 berpotensi absen di Piala AFF U-23 2023 yang digelar di Thailand pada 17-26 Agustus 2023.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2023 bersama dua lawannya Malaysia dan Timor Leste.

Baca Juga:
Sembuh dari Cedera, Sandy Walsh Debut Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September?

Sayangnya skuad Garuda Muda diprediksi tidak akan diperkuat beberapa pemain jebolan Timnas Indonesia U-22 yang menjuarai SEA Games 2023.

Hal ini cukup menarik perhatian, mengingat performa para pemain yang berpotensi absen, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

1. Komang Teguh

Baca Juga:
Pernah Dicoret Shin Tae-yong, Deretan Pemain yang Diduga Ingin Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia

Absennya Komang Teguh di Piala AFF U-23 2023 tak lepas dari hukuman dari AFC yang diberikan kepada sang pemain imbas keributan di final SEA Games 2023.

Kondisi ini tak membuat Kombes Sumardji tinggal diam, selaku Ketua Badan Tim Nasional (BTN) akan mengajukan banding kepada AFC terhadap hukuman tersebut.

2. Taufany Muslihuddin

Baca Juga:
Bikin Galau Pelatih Ipswich Town, Klub Ini Tertarik Datangkan Elkan Baggott

Imbas keributan di final SEA Games lalu juga dirasakan Taufany Muslihuddin yang terkenam enam larangan bermain bersama Timnas Indonesia U-23.

Kesempatan Taufany tampil di Piala AFF U-23 nanti bergantung pada hasil banding PSSI yang diajukan kepada AFC.

3. Titan Agung

Baca Juga:
Jadwal Timnas Voli Putri Indonesia di SEA V League 2023, Lawan Thailand di Laga Pembuka

Larangan bermain sebanyak enam kali juga diberikan kepada Titan Agung ditambah denda senilai 1000 dolar AS.

Titan Agung dihukum usai dinyatakan telah memukul salah satu staf pelatih Timnas Thailand, namun hukuman itu masih bisa gugur jika banding PSSI diterima AFC.

4. Muhammad Ferrari

Lain halnya dari pemain yang mendapat hukuman hingga harus absen membela Timnas Indonesia U-23 karena dihukum oleh AFC.

Muhammad Ferrari berpotensi absen di ajang tersebut karena harus mengenyam pendidikan kepolisan yang menghabiskan waktu setidaknya lima bulan ke depan.

5. Ananda Reihan

Performanya konsisten baik di level klub bersama PSM Makassar maupun Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 lalu.

Ananda Reihan berpotensi absen dari Piala AFF U-23 2023 karena lolos tes masuk kepolisian, sama seperti Muhammad Ferrari.

6. Pratama Arhan

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto memastikan jika skuad yang turun di Piala AFF U-23 2023 tidak akan menggunakan pemain abroad.

Alasannya jelas Piala AFF tidak termasuk dalam agdena resmi FIFA, sehingga pemanggilan sang pemain dari klub Pratama cukup sulit dilakukan.

7. Marselino Ferdinan

Kehadiran Marselino bisa menjadi otak serangan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 mendatang, sayangnya sosoknya berpotensi absen.

Alasannya sama seperti Pratama Arhan, Piala AFF U-23 2023 tak masuk agaenda resmi FIFA, memanggil Marselino hanya akan mengganggu fokus sang pemain di Liga Belgia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More