Rauhanda Riyantama
Pebulu tangkis tunggal putra Jawa Barat Panji Ahmad Maulana berusaha mengembalikan kok ke arah tunggal putra Jawa Barat Syabda Perkasa Belawa pada pertandingan final Bulu Tangkis Tunggal Putra PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Bolatimes.com - Panji Ahmad Maulana sukses meraih medali emas tunggal putra untuk Jawa Barat di PON Papua. Atas prestasinya itu, ia berharap bisa kembali masuk pelatnas PBSI.

Dalam final di GOR Waringin, Jayapura, Kamis, Panji memenangi duel melawan rekannya sesama pemain Jabar, Syabda Perkasa Belawa 21-9, 21-17.

Kemenangan tersebut menjadi pembuktian Panji bahwa meski sudah tidak bergabung di pelatnas, tapi dia masih bisa bersaing dan mengalahkan para pemain Cipayung.

Baca Juga:
Target Ambisius Claudio Ranieri, Mau Jadi Pelatih hingga Usia 80 Tahun

“Motivasi saya adalah mengalahkan anak-anak pelatnas," kata Panji seperti dilansir Antara.

“Saya ingin membuktikan bahwa saya bisa dan harapannya saya bisa kembali ke pelatnas."

Panji terdepak dari pelatnas bulu tangkis PBSI sejak Januari 2019. Dan kini dia bergabung dengan klub PB Candra Wijaya.

Baca Juga:
Ada yang Baru 18 Tahun, Ini Pemain Termuda di Nominasi Ballon d'Or 2021

Namun situasi tersebut tak lantas membuat dia patah semangat. Meski sudah jarang tampil di kompetisi level internasional, atlet berusia 24 tahun itu justru makin bertekad untuk membuktikan diri bahwa dia masih bisa bersaing dengan para pemain pelatnas di pesta olahraga nasional terbesar Tanah Air.

Tekadnya itu tercapai di Papua. Dalam perjalanannya meraih emas PON, Panji telah mengalahkan beberapa pemain berstatus pelatnas, termasuk lawannya di final, Syabda Perkasa Belawa.

Tunggal putra peringkat 177 BWF itu juga berhasil menyingkirkan pemain pelatnas lain, seperti Yonathan Ramlie dari DKI Jakarta di perempat final, serta Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay yang merupakan unggulan teratas dari Sulawesi Utara pada babak semifinal.

Baca Juga:
Baru Juara UEFA Nations League, Pemain Timnas Prancis Ini Harus Dipenjara

Kemenangan Panji atas lawan-lawannya di nomor tunggal putra PON Papua juga merupakan hal yang tak diduga. Pasalnya, dia tidak hanya harus melawan rivalnya di lapangan, tetapi juga cedera yang dideritanya.

Panji mengalami cedera pergelangan kaki saat memperkuat tim Jabar dalam semifinal nomor beregu putra melawan Jawa Tengah.

“Saya tampil lebih percaya diri saja. Lawan saya juga junior saya jadi lebih pede bermainnya,” tandas Panji.

Baca Juga:
Reaksi Tak Terduga Bos Rans Cilegon FC saat Ditanya Pilih Istri atau Anak

Load More