Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi raket badminton. (Dok. Yonex)

Bolatimes.com - Raket menjadi salah satu senjata andalan dalam permainan bulu tangkis. Sebagai alat utama dalam permainan ini, raket juga bakal menentukan hasil pukulan seorang pemain.

Setidaknya, secara umum terdapat tiga jenis raket dalam permainan bulu tangkis. Masing-masing jenis ini disesuaikan dengan karakter permainan atletnya sehingga bisa menunjang keunggulan masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum membeli raket bulu tangkis, Anda harus memastikan karakter permainan seperti apa yang sesuai dengan karakter raket tersebut. Jenis-jenis ini didasarkan pada titik keseimbangan dari raket tersebut.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Menang Comeback, Pusarla V Sindhu Ungkap Kunci Kalahkan Gregoria Mariska

Berikut Bolatimes.com menyajikan penjelasan soal perbedaan tiga tipe raket dalam dunia bulu tangkis.

1. Raket Head-Heavy (Menyerang)

Raket yang berjenis head-heavy ini akan terasa berat pada bagian frame-nya. Hal ini tentu memberikan daya dorong lebih kuat terhadap shuttlecock pada saat melakukan smash yang menukik maupun lob panjang.

Baca Juga:
Ditanya Siapa Pemain Timnas Indonesia yang Perlu Diwaspadai, Kapten Palestina Beri Jawaban Santuy

Hal ini juga membuat kompensasi kecepatan gerak/reaksi raket dan stamina pemain yang dikorbankan karena raket bakal terasa lebih berat.

Raket semacam ini digunakan untuk peminat yang mempunyai tenaga pukulan yang bagus dan stamina yang sangat baik, sehingga bisa lebih berguna bagi sosok pebulu tangkis yang punya karakter menyerang.

2. Raket Head-Light (Bertahan)

Baca Juga:
Momen Marselino Ferdinan Diajak Ngopi oleh Bocil saat Latihan Timnas Indonesia

Raket yang berjenis head-light ini memang akan terasa ringan pada bagian frame. Dengan demikian, raket semacam ini akan bisa memudahkan atlet untuk bereaksi dan bergerak secara lebih cepat.

Raket tipe head-light ini cocok digunakan oleh pemain yang lincah dan sering mengandalkan drive cepat dan defense. Sehingga, ini tepat digunakan pemain yang condong bermain pada double game (permainan ganda).

Raket semacam ini memang lebih tepat untuk mengantisipasi defense, karena permainan ganda terhitung lebih seimbang antara serangan dan pertahanan. 

Baca Juga:
Profil Mathias Christiansen, Pebulu Tangkis asal Denmark yang Fasih Banget Berbahasa Indonesia

3. Raket Even Balance (Seimbang)

Selanjutnya, raket tipet ketiga yang bisa menjadi pertimbangan ialah yang berjenis even-balance. Dari namanya saja, kita sudah dapat mengetahui jika karakter raket ini rasanya cukup berimbang.

Raket semacam ini mempunyai daya dorong yang cukup bagus dengan manuver yang cukup baik. Karakteristiknya juga terletak antara kompromi antara head-heavy dan head-light. Sehingga cocok digunakan pemain yang tippet bermainnya tidak terlalu agresif.

Selain itu, karakter ini juga cocok digunakan seorang pebulu tangkis yang pola permainannya cukup seimbang, baik itu antara menyerang dan bertahan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More