Irwan Febri Rialdi
Jakarta Bhayangkara Presisi di AVC Cup 2023. (Instagram/@bhayangkaravoli__)

Bolatimes.com - Asian Club Volleyball Championship atau AVC Cup tengah jadi perbincangan hangat di Indonesia setelah wakil Tanah Air, Jakarta Bhayangkara Presisi melaju ke final edisi 2023.

Jakarta Bhayangkara Presisi bakal menghadapi wakil dari Jepang, Suntory Sunbird, pada laga final AVC Cup 2023 di Manama, Bahrain.

Laga final AVC Cup 2023 antara Jakarta Bhayangkara Presisi dan Suntory Sunbird akan dilangsungkan pada Minggu malam (21/5/2023) mulai pukul 23.00 WIB.

Baca Juga:
Bersinar di SEA Games 2023, Muhammad Taufany Ungkap Targetnya bersama Borneo FC

Tiket final AVC Cup 2023 sendiri didapat Jakarta Bhayangkara Presisi setelah mereka tampil ciamik pada laga semifinal menghadapi Police Sports.

Suntory Sunbirds sendiri melaju ke laga final usai menundukkan perlawanan wakil Iran Shahdab Yazd 3-1 (25-22, 23-25, 34-32, 25-17).

Lantas, apa sebetulnya AVC Cup ini?

Baca Juga:
Lini Tengah Makin Kuat, PSIS Semarang Resmi Boyong Gelandang Timnas yang Juarai Piala AFF U-22

Asian Volleyball Club Championship atau yang disingkat menjadi AVC Cup Club Tournament ini merupakan kompetisi klub bola voli se-Asia.

Bisa dibilang, AVC Cup merupakan Liga Champions atau Piala AFC di sepak bola. Baik gelaran AVC Cup Putra dan Putri sama-sama digelar pertama kali pada tahun 1999.

Adapun, pemenang dari Asian Men’s Club Volleyball Championship atau AVC Cup ini berhak untuk melaju ke Kejuaraan Dunia Bola Voli atau FIVB Volleyball Men’s Club World Championship atau bisa disebut sebagai Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:
Duo Pemain Keturunan Posting Bendera Indonesia, Salah Satunya Pernah Dipantau Shin Tae-yong

Adapun, AVC CUp 2023 merupakan edisi ke-23 dari gelaran bola voli ini.

Klub voli asal Iran, Paykan Tehran, menjadi tim tersukses dengan raihan 8 gelar AVC Cup. Mereka bahkan merupakan juara bertahan dari edisi 2022.

Prestasi terbaik Indonesia sendiri di AVC Cup adalah menempati peringkat ketiga pada edisi 2006. Saat itu, Jakarta BNI Taplus meraih peringkat ketiga usai mengalahkan wakil Thailand, Army.

Baca Juga:
Bayu Eka Sari Resmi Gabung, Aroma Timnas Indonesia Era 2018 Makin Kental di Persib Bandung

Indonesia juga pernah sekali menjadi tuan rumah yaitu pada 2011. Namun saat itu, laju Indonesia yang diwakili Bank Sumsel Babel terhenti di babak perempat final usai dikalahkan Paykan Tehran.

Kini di AVC Cup 2023, Indonesia telah mengukir sejarah berkat Jakarta Bhayangkara Presisi dengan berhasil lolos ke final, meski sayangnya gagal menjadi juara.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More