Rauhanda Riyantama
Ilustrasi seseorang yang sedang bermeditasi. (Pexels/Natalie Bond)

Bolatimes.com - Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya untuk kesehatan mental karena mampu memberi perasaan tenang, damai dan seimbang.

Karena itu manfaat meditasi bisa sangat berdampak pada kesejahteraan emosional dan kesehatan secara keseluruhan.

Dengan melakukan meditasi, seseorang bisa terbebas dari stres dengan memfokuskan kembali perhatian terhadap sesuatu yang menyenangkan.

Baca Juga:
Sebut Timnas Indonesia Tim Kuat di SEA Games 2023, Media Vietnam Mulai Panik

Meditasi yang dijalankan secara fokus dan memberi rasa damai secara batin bisa mendatangkan sederet manfaat, berikut di antaranya.

1. Tingkatkan Harga Diri dan Awareness

Meditasi memungkinkan seseorang melakukan refleksi diri yang lebih dalam, hingga mampu membantu meningkatkan kesadaran diri dan empati kepada orang lain.

Baca Juga:
Mengenal Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru yang Masih Berusia 32 Tahun

Saat meditasi membangun empati, seseorang dapat menemukan perspektif baru terkait suatu masalah dan mampu menghilngkan kecemasan sosial.

2. Kelola Kecemasan dan Depresi

Dengan melakukan meditasi akan membantu melatih pikiran dalam fokus terhadap situasi sehingga tidak berfokus pada kecemasan terhadap peristiwa yang belum terjadi.

Baca Juga:
Tak Ada Marselino Ferdinan, Berikut Prediksi 7 Pemain Timnas U-20 yang Dipanggil untuk SEA Games 2023

Hingga pada akhirnya meditasi yang dilakukan penuh fokus mampu membantu meredakan kecemasan dan depresi, untuk kemudian menjadi bagian perawatan kesehatan mental.

Dampak redanya kecemasan bisa membantu masalah kesulitan tidur, kehilangan nafsu makan hingga memperbaiki suasana hati yang buruk.

3. Melawan Kecanduan

Baca Juga:
Fakta Menarik Dito Ariotedjo, Bos RANS Nusantara FC yang Bakal Dilantik Jadi Menpora

Meditasi bisa mengubah reseptor otak terkait dengan kecanduan obat dan alkohol, hingga mampu mengurangi keinginan untuk konsumsi zat-zat terlarang.

Dalam melakukan meditasi, seseorang juga akan mendapatkan peningkatan kesadaran hingga memungkinkan dalam mengelola dorongan kecanduan.

Melatih kesadaran dapat membantu mencegah kekambuhan di masa depan, khusus bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan zat.

4. Tingkatkan Kesehatan Emosional

Beberapa bentuk meditasi mampu meningkatkan citra diri dan pandangan hidup yang lebih positif.

Meditasi mampu membantu mengurangi pikiran negatif dan mengontrol respons berlebih terhadap situasi negatif.

5. Menjaga Kesehatan Fungsi Memori

Stres bisa menurunkan fungsi memori, untuk mengatasi hal ini salah satunya dengan cara melakukan meditasi.

Beberapa jenis meditasi yang bisa dilakukan untuk hal ini di antaranya meditasi dipandu, meditasi mantra, qigong, Tai Chi hingga Yoga.

Kontributor: Eko
Load More