Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi doa. (unsplash)

Bolatimes.com - Puasa Ramadan 1444 Hijriah telah memasuki hari ke-10, oleh karena itu ada baiknya mengamalkan bacaan doa memohon agar ibadah puasa Ramadan diterima.

Rupanya ada sebuah doa yang bisa dilantunkan agar mendapatkan ridho Allah SWT dan agar amalan ibadah kita diterima Allah SWT selama bulan Ramadan.

“Allahumma taqabbal minni shauma yaumin. Allahumma taqabbal minni sholatan. Allahumma taqabbal minni hasanatan. Innama yataqabbalallaahu minal muttaqin.”

Baca Juga:
Sejarah FIFA, Bagaimana Awal Mula Bisa Terbentuk?

Artinya:

"Ya Allah, terimalah dariku puasa hari ini. Ya Allah, terimalah shalat dariku. Ya Allah, terimalah kebaikan-kebaikan dariku. Sesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa."

Selain membaca doa tersebut, ada baiknya kita mengamalkan beberapa bacaan lain seperti doa istigfar berikut ini:

Baca Juga:
Daftar Lengkap Pengurus FIFA, Tak Cuma Gianni Infantino

Allahumma inni astagfiruka min kulli 'amalin aradtu bihi wajhaka fakholathoni fihi ma laisa laka.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon ampunan kepada-Mu dari setiap amal yang aku tujukan hanya kepada-Mu, tetapi kemudian di dalamnya terkotori dengan tujuan selain kepada-Mu."

Baca Juga:
Roasting Shin Tae-yong dengan Lucu, Benarkah Ini Akun Twitter Resmi Marselino Ferdinan?

Di bulan Ramadan, umat muslim juga berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya agar mendapatkan pahala dari Allah SWT. Selain puasa, ada banyak amalan ibadah lain yang sering dilakukan umat muslim di bulan suci Ramadan, salah satunya ialah membaca Alquran.

Alquran sendiri merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup. Melalui Alquran, Allah SWT pun telah menetapkan semua perintah yang harus dijalani serta larangan yang harus dihindari bagi seluruh umat muslim.

Oleh karena itu umat muslim dianjurkan membaca dan memahami isi Alquran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi membaca Alquran juga menjadi salah satu amalan yang dikatakan akan mendapat pahala besar oleh Allah SWT.  

Baca Juga:
Pakai Jersey Garuda, Gelandang Timnas Palestina Persembahkan Trofi Juara untuk Indonesia

Agar mendapat keberkahan dari ibadah membaca Alquran yang kita lakukan atau saat mampu mengkhatamkan kitab suci Alquran, ada baiknya membaca doa berikut ini:

Allahummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.  

Artinya:

"Ya Allah rahmatilah kami dengan Alquran. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More