Irwan Febri Rialdi
Logo FIFA. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Indonesia kembali “bermasalah” dengan FIFA. Kali ini, Indonesia resmi dicoret oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia sendiri sudah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sejak 2019. Selama empat tahun terakhir dan pergantian Ketua Umum dari Mochamad Iriawan dan Erick Thohir, telah banyak persiapan dilakukan.

Namun FIFA akhirnya mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) lalu. Pernyataan ini dirilis setelah Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha Qatar

Baca Juga:
Daftar Lengkap Pengurus FIFA, Tak Cuma Gianni Infantino

Tidak dijelaskan secara rinci alasan FIFA membatalkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun banyak kabar menyebut karena derasnya penolakan terhadap Timnas Israel U-20 di Indonesia.

Lantas, seperti apa sejarah dari FIFA?

Mengutip laman resminya, FIFA merupakan badan internasional yang mengatur beberapa olahraga selain sepak bola, yakni sepak bola pantai dan futsal. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 200-an negara yang sudah tergabung dalam FIFA, termasuk Indonesia.

Baca Juga:
Roasting Shin Tae-yong dengan Lucu, Benarkah Ini Akun Twitter Resmi Marselino Ferdinan?

FIFA sendiri terbentuk pada 21 Mei 1904 oleh beberapa asosiasi sepak bola nasional seperti Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, Belgia, Denmark, dan Swiss.

Pembentukan FIFA pertama kali merupakan inisiatif seorang jurnalis olahraga, Robert Guerin. Ia juga yang kemudian menjadi presiden FIFA pertama pada tahun 1904-1906.

Awalnya FIFA dibentuk untuk membangun hubungan yang baik antara negara, konfederasi, pejabat, maupun pemain melalui olahraga sepak bola.

Baca Juga:
Pakai Jersey Garuda, Gelandang Timnas Palestina Persembahkan Trofi Juara untuk Indonesia

Hadirnya FIFA pada saat itu langsung menciptakan beberapa pertandingan pertemanan berskala internasional. Bersama dengan Robert Guerin, Presiden FIFA pertama, sejarah sepak bola dunia memasuki lembaran baru.

FIFA lantas menggelar Piala Dunia pertamanya di Uruguay. dihiasi oleh 13 tim nasional yang terdiri dari Amerika Selatan, Eropa, dan Amerika Utara. Setiap empat tahun setelahnya, Piala Dunia menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggiat olahraga.

Hingga sekarang, FIFA memiliki fungsi untuk memastikan terselenggaranya kompetisi-kompetisi sepak bola profesional di seluruh dunia dengan baik dan lancar.

Baca Juga:
Terciduk Hapus PSSI di Akun Instagram, Ivar Jenner Ogah Lanjutkan Proses Naturalisasi?

FIFA juga punya fungsi untuk merancang aturan dan ketentuan mengenai permainan sepak bola dan segala perangkat pendukung serta infrastrukturnya.

Dinilai sebagai federasi olahraga paling besar di dunia, FIFA nyatanya tak lepas dari sederet kontroversi. Platform streaming Netflix merilis seri dokumenter berjudul FIFA Uncovered yang secara umum membahas tentang kebobrokan FIFA sebagai induk sepak bola dunia.

Seri dokumenter berisi empat episode ini mengungkap sisi gelap FIFA yang lekat dengan politik, suap, dan transaksi-transaksi terlarang. Bobroknya FIFA disebutkan dimulai sejak era Presiden FIFA, Joao Havelange sekitar tahun 1970-an.

Saat ini, FIFA dipimpin oleh Gianni Infantino. Pria berkepala plontos tersebut ditunjuk sebagai Presiden FIFA untuk pertama kalinya pada 2016.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More