Irwan Febri Rialdi
Emil Audero gabung Inter Milan. (Instagram/@inter)

Bolatimes.com - Penjaga gawang keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi, akhirnya resmi bergabung dengan klub Serie A, Inter Milan. Sebelumnya, memang sudah ada banyak pesepak bola Indonesia yang berkarier di Italia.

Pengumuman transfer Emil Audero Mulyadi ini disampaikan Inter Milan secara resmi melalui kanal media sosialnya. Kiper berusia 26 tahun itu tampak berpose di hadapan koleksi trofi I Nerazzurri.

Inter Milan menjelaskan, Emil Audero Mulyadi didatangkan dari Sampdoria dengan status pinjaman selama semusim. Dalam klausul kontraknya, ada pula opsi pembelian permanen.

"Halo semua fans Nerazzurri. Saya sangat senang ada di sini dan tidak sabar untuk memulai. Sambutan yang hangat," ucap Emil usai direkrut Inter Milan.

Sebelumnya, memang sudah ada beberapa pesepak bola berdarah Indonesia yang pernah meniti kariernya di Italia. Emil Audero akan melanjutkan jejak tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola keturunan Indonesia yang pernah berkarier di Liga Italia.

1. Radja Nainggolan

Pesepak bola keturunan Indonesia yang punya nama paling mentereng ialah Radja Nainggolan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini lebih memilih kewarganegaraan Belgia alih-alih Indonesia.

Pemain yang kini telah berusia 35 tahun itu memang punya banyak cerita di Italia. Sebab, dia pernah bermain bersama klub, mulai dari Piacenza Cagliari, AS Roma, hingga Inter Milan.

Yang terbaru, Radja Nainggolan memutuskan untuk kembali merumput di Italia. Namun, bekas gelandang Timnas Belgia itu kini berkarier di kasta kedua bersama SPAL.

2. Thom Haye

Berikutnya, ada nama Thom Jan Marinus Haye. Gelandang kelahiran Amsterdam, Belanda, ini pernah merasakan atmosfer Liga Italia saat berkarier bersama klub kasta kedua atau Serie B, Lecce.

Meski lahir dan dibesarkan di Belanda, Thom Haye memang punya darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Sulawesi Utara. Pemain ini juga pernah disebut-sebut bakal dinaturalisasi PSSI.

Akan tetapi, kabar tersebut tak berlanjut sampai saat ini. Padahal, dia dinilai punya kualitas karena pernah memperkuat Timnas Belanda U-21.

3. Alessandro Trabucco

Selanjutnya, pemain lainnya yang pernah berkarier di Italia ialah Alessandro Trabucco. Sebetulnya, dia tak memiliki keturunan Italia. Sebab, Trabucco memang lahir di Bali dari seorang ibu yang juga berasal dari Pulau Dewata.

Saat masih muda, Alessandro Trabucco memang sempat menimba ilmu bersama AC Cesena U-17. Akan tetapi, kini dia sudah tak lagi aktif berkarier sebagai pesepak bola.

Hal itu diketahui dari balasan singkatnya kepada seorang netizen di Instagram. “Saya sudah tidak aktif bermain sepak bola lagi,” tulis Trabucco menjawab pertanyaan tersebut.

4. Tijjani Reijnders

Tijjani Reijnders, pemain keturunan Indonesia Belanda yang saat ini ramai menjadi perbincangan warganet karena resmi dipinang raksasa Italia, AC Milan.

Padahal, sebelumnya Tijjani Reijnders masuk dalam radar Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia.

 Namun, proses tersebut tidak akan mudah karena Tijjani Reijnders memiliki kemampuan bermain yang sangat mumpuni dan sedang berada dalam performa terbaik di Liga Belanda.

Sebagai bukti akan kemampuannya, dia bahkan sempat dipanggil ke dalam skuad Timnas Belanda senior untuk FIFA Matchday Juni 2023.

Kini, Tijjani Reijnders telah menjadi bintang sepakbola Eropa setelah diresmikan menjadi pemain AC Milan, klub raksasa asal Italia.

Pada unggahan resmi di akun Instagram mereka pada Kamis (20/7/2023), AC Milan dengan bangga memperkenalkan Tijjani Reijnders sebagai salah satu pemain baru mereka yang akan memakai nomor punggung 14.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More