Rifqu Khanif
Legenda Timnas Indonesia kritik naturalisasi PSSI. (Youtube/mahardika entertainment dan Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Baru-baru ini Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali melakukan naturalisasi pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia, namun salah satu legenda mengkritiknya.

Pemain keturunan yang baru saja merampungkan proses naturalisasi adalah Justin Hubner, dia dipilih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Bukan hanya Justin Hubner, PSSI juga sedang memproses naturalisasi dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sementara Ragnar Oratmangoen dikabarkan menyusul. Mereka diajukan atas rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Jadi Selebgram? Bek Kanan Timnas Indonesia Punya Manajer Khusus Endorse

Tetapi, naturalisasi PSSI menimbulkan sedikit masalah, dari kacamata mantan pemain Timnas Indonesia, yakni Rully Nere, ia mengkritik program tersebut.

Menurut Rully Nere yang sudah menjadi legenda hidup Timnas, program naturalisasi PSSI bisa mematikan motivasi pemain muda Indonesia.

"Kalau buat saya untuk pembinaan dan anak-anak kita yang masih punya masa depan, naturalisasi secara tidak langsung mematikan motivasi mereka," jelas Rully Nere, di acara podcast kanal YouTube Mahardika Entertainment, dikutip pada Rabu, (6/12).

Baca Juga:
Malaysia Tak Mau Kalah dengan Timnas Indonesia, Harimau Malaya Naturalisasi Bek Brasil

Rully menjelaskan, anak muda Indonesia sudah latihan keras untuk menjadi pemain Timnas, namun dengan datangnya naturalisasi, bisa mematahkan cita-citanya.

"Karena anak-anak ini sekarang sudah latihan setengah mati tahu-tahu sudah naturalisasi, mereka kan pasti kecewa," imbuhnya.

Tapi, Rully menyatakan, dirinya sependapat dengan PSSI, jika pemain naturalisasi memiliki kualitas yang mumpuni.

Baca Juga:
Gudang Garam Filter International Gelar Turnamen Bergengsi ISCL Mini Soccer Jakarta

"Mungkin kalau Piala Dunia, mau naturalisasi, asal pemainnya betul-betul punya kualitas dua tingkat, kalau sama aja ya untuk apa," pungkas Rully.

Menurut PSSI saat sidang rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengungkap, Federasi mendatangkan pemain naturalisasi agar Timnas bisa bersaing di level tinggi. Dan pemain yang dinaturalisasi adalah keturunan Indonesia dengan segudang prestasinya di Eropa.

Sementara Rully Nere adalah mantan pemain Timnas Indonesia era 1979-1989, dia juga menyabet medali SEA Games pertama kali untuk Indonesia di 1987. Tercatat Rully sebagai pemain tengah Timnas dengan koleksi 38 caps.

 

 

 

Load More