Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Argentina. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua klub Liga 1 terang-terangan ingin merekrut Shin Tae-yong setelah masa baktinya bersama Timnas Indonesia berakhir. Kedua klub itu dari Jawa Tengah, yakni Persis Solo dan PSIS Semarang.

Sejak mengasuh Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong telah membuktikan tangan dinginnya. Meski belum menghasilkan gelar juara, dia tetap mendapat apresiasi dari publik.

Setidaknya, sudah ada dua kontestan Liga 1 yang secara terbuka menyatakan ketertarikannya untuk merekrut Shin Tae-yong. Namun, hal ini tampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat.

Pasalnya, Shin Tae-yong sampai saat ini masih terikat kontrak bersama PSSI. Dia memiliki sejumlah tugas besar bersama Timnas Indonesia pada sejumlah kejuaraan yang berlangsung pada 2024.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan klub Liga 1 yang sempat terang-terangan tertarik untuk mendatangkan Shin Tae-yong.

1. Persis Solo

Klub terbaru yang pernah menyatakan ketertarikannya untuk merekrut Shin Tae-yong ialah Persis Solo. Hal itu diketahui saat juru taktik asal Korea Selatan itu hadir di Podcast Kaesang Pangarep.

Sebagai informasi, Kaesang merupakan salah satu pemilik saham klub berjuluk Laskar Sambernyawa itu. Saat berbincang dengan STY, dia pun mengajukan penawaran untuk melatih Persis.

“Kalau bosan (melatih Timnas Indonesia), bisa pindah ke Persis Solo, coach,” kata Kaesang kepada Shin Tae-yong dalam podcast tersebut baru-baru ini.

Menanggapi tawaran itu, Shin Tae-yong tak berkata apa-apa. Dia justru menempelkan kedua telapak tangannya sebagai gestur permohonan maaf kepada Kaesang.

2. PSIS Semarang

Jauh sebelum keriuhan yang muncul akibat tawaran Kaesang Pangarep tersebut, Shin Tae-yong juga sempat diminati oleh klub Liga 1 lainnya, yakni PSIS Semarang.

Saat itu, Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyebut bahwa pihaknya siap menampung Shin Tae-yong apabila kontraknya bersama Timnas Indonesia telah resmi berakhir.

“Kalau kontrak Shin Tae-yong bersama PSSI sudah selesai, kami tertarik mengontraknya,” kata Yoyok Sukawi kepada awak media.

Pernyataan tersebut disampaikan Yoyok Sukawi pada medio Januari 2023. Namun, saat ini sebetulnya performa Mahesa Jenar sudah cukup stabil di BRI Liga 1 2023/2024.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More