Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-20 Hugo Samir ketika menghadapi Fiji di Turnamen Mini Internasional. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain muda yang berkompetisi di ajang Elite Pro Academy (EPA) Liga 1, yang usianya masih di bawah 20 tahun, resmi mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI karena memukul pemain lawan.

Setidaknya, ada beberapa pemain muda yang mendapatkan sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Hal ini imbas kelakukan buruk mereka saat bertanding di ajang EPA Liga 1 musim 2023/2024.

Sikap semacam ini tentu harus menjadi catatan khusus bagi PSSI terhadap pembinaan pemain usia muda. Sebab, di level junior, para pemain ini belum menunjukkan sikap fairplay saat bertanding.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pemain yang memperlihatkan attitude buruk dan mendapat hukuman dari Komdis PSSI karena memukul pemain lawan.

1. Hugo Samir (Borneo FC U-20)

Sikap buruk yang diperlihatkan Hugo Samir kembali terulang. Pemain yang kini memperkuat Borneo FC U-20 ini kembali melakukan aksi yang tak terpuji. Kali ini terjadi di EPA Liga 1 2023/2024.

Pada laga melawan Persib Bandung U-20, Hugo Samir memukul pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung dari wasit. 

Akibatnya, dia mendapat tambahan hukuman larangan bermain sebanyak dua pertandingan. Tak hanya itu, Komdis PSSI juga menjatuhi sanksi denda kepada anak kandung Jacksen F Tiago ini dengan Rp5 juta.

2. Reno Eka Saputra (Arema FC U-20)

Selanjutnya, pemain muda lainnya yang juga memperlihatkan aksi serupa ialah Reno Eka Saputra. Pemain yang memperkuat Arema FC U-20 ini harus memperbaiki sikapnya menjadi lebih baik.

Sebab, Reno Eka Saputra kedapatan memukul pemain lawan dalam pertandingan RANS Nusantara FC U-20 melawan Arema FC U-20. Dia pun mendapat sanksi tegas dari Komdis PSSI.

Reno mendapat tambahan larangan bermain sebanyak dua pertandingan sekaligus sanksi denda sebesar Rp5 juta.

3. Muh Arya Abdullah Ramadhan (RANS Nusantara FC U-20)

Masih pada pertandingan yang sama, yakni duel antara RANS Nusantara FC U-20 melawan Arema FC U-20, ada pemain bernama Muh Arya Abdullah Ramadhan yang memukul pemain lawan.

Akibatnya, Muh Arya Abdullah Ramadhan mendapatkan kartu merah langsung dari wasit. Dia juga mendapatkan tambahan larangan bermain sebanyak dua pertandingan dari Komdis PSSI serta denda sebesar Rp5 juta.

4. Abdul Aziz (Barito Putera U-20)

Yang terakhir, aksi tak terpuji di EPA Liga 1 U-20 2023/2024 juga diperlihatkan Abdul Aziz, pemain yang berasal dari klub Barito Putera U-20. Pada laga melawan Persikabo 1973 U-20, dia memukul pemain lawan.

Wasit pun langsung mengeluarkan kartu merah langsung kepada Abdul Aziz. Perilaku buruknya ini juga dijatuhi tambahan hukuman dari Komdis PSSI sebanyak dua laga serta sanksi denda sebesar Rp5 juta.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More