Irwan Febri Rialdi
Akun bola Filipina meledek Timnas Indonesia. (Facebook)

Bolatimes.com - Jelang putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Filipina mengirimkan ‘ejekan’ ke Timnas Indonesia seiring bakal bertemunya kedua negara dalam fase grup di babak tersebut.

Sebagaimana diketahui, Filipina dan Timnas Indonesia sama-sama tergabung di grup F pada putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kedua negara tersebut berada dalam satu grup dengan Irak dan juga Vietnam. Rencananya, duel antara empat negara ini akan dimulai sejak 16 November 2023 mendatang.

Meski masih terbilang lama, aroma persaingan pun telah dihembuskan oleh setiap kontestan di grup F tersebut. Salah satunya adalah Filipina.

Tim berjuluk The Azkals tersebut menebarkan aroma persaingan lewat Psywar dengan mengirimkan ‘ejekan’ kepada lawannya di grup F yakni Timnas Indonesia.

‘Ejekan’ ini hadir setelah Filipina menjalani laga uji internasional melawan Bahrain pada FIFA Matchday Oktober 2023, Selasa (17/10) lalu.

Dalam duel itu, Filipina tumbang dari lawannya dengan skor 0-1. Kekalahan tipis ini kemudian memantik kubu The Azkals untuk mengirimkan Psywar ke Timnas Indonesia.

Hal ini diketahui unggahan akun FaceBook Philippines Football League MEMES, yang membandingkan hasil Filipina dan Timnas Indonesia kontra Bahrain dalam sebuah Meme.

Dalam meme tersebut, akun tersebut menyertakan potongan gambar hasil Bahrain vs Timnas Indonesia yang berkesudahan 10-0 dengan wajah anak kecil menangis.

“Sampai jumpa Indonesia di Manila di RMS (Rizal Memorial Stadium) pada 21 November,” tulis unggahan akun Philippines Football League MEMES.

Meme yang diunggah itu memiliki maksud jika Filipina lebih unggul karena hanya kalah 0-1 dari Bahrain ketimbang Timnas Indonesia yang kalah 0-10.

Memang Timnas Indonesia pernah menelan kekalahan memalukan dari Bahrain dengan skor 0-10 pada 2012 silam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Saat itu, Timnas Indonesia yang dilatih Aji Santoso tertinggal 0-4 di babak pertama, sebelum akhirnya ketertinggalan itu mampu digandakan Bahrain menjadi 10-0.

Sontak meme yang diunggah akun Philippines Football League MEMES itu mendapat respons beragam dari netizen, terutama netizen Tanah Air.

Banyak netizen Indonesia yang menyebut Filipina justru akan dibantai, mengingat kondisi Timnas Indonesia saat ini berbeda dengan kondisi pada 2012 lalu kala melawan Bahrain.

Di samping itu, netizen Tanah Air meyakini Timnas Indonesia akan mengalahkan Filipina di Rizal Memorial Stadium berkaca ke hasil pertemuan kedua tim di Piala AFF 2022 lalu.

Adapun pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina akan digelar pada 21 November 2023 di Rizal Memorial Stadium.

Semula Timnas Indonesia akan menjamu Filipina terlebih dahulu. Tapi pertemuan kedua negara ternyata bertepatan dengan gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air.

Sehingga kondisi itu membuat Filipina lebih dulu menjalani laga kandang di pertemuan pertama pada 21 November 2023 dengan Timnas Indonesia.

Sedangkan Timnas Indonesia baru akan menjalani laga kandangnya kontra Filipina pada tahun depan, tepatnya pada 11 Juni 2024.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More