Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Ketum PSSI Erick Thohir seusai menghadiri konferensi pers Piala Dunia U-17 2023 Indonesia di Menara Danareksa, Sabtu (24/6/23). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Bolatimes.com - PSSI memastikan mendukung Arab Saudi untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034. Surat ditandatangani langsung oleh Ketum Erick Thohir dan sudah dikirim.

Surat itu ditulis PSSI di laman resmi miliknya, Jumat (20/10/2023). Ada beberapa hal yang ditekankan Erick Thohir mengapa pada akhirnya Indonesia lebih memilih mendukung Arab Saudi.

Padahal, sebelumnya ada rencana Indonesia ikut maju bidding sebagai calon tuan rumah bersama beberapa negara tetangga seperti Australia, Malaysia, dan Singapura. Namun, pada akhirnya batal dan mendukung Arab Saudi.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (pssi.org)

Sampai saat ini masih beluma ada keterangan resmi terkait alasan Indonesia batal mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. PSSI atau Erick Thohir cuma bilang mendukung Arab Saudi.

"Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding World Cup berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya," ujar Erick lewat keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Ini Isi Surat Resmi Dukungan PSSI untuk Arab Saudi sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

"Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendukung cita-cita Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034. Kami dengan antusias mendukung upaya Federasi Sepak Bola Arab Saudi ini. Membawa Piala Dunia FIFA kembali ke Asia."

"Arab Saudi telah menunjukkan dirinya sebagai salah satu kekuatan olahraga dunia, khususnya di bidang sepak bola, dengan investasi besar di bidang infrastruktur, perkembangan sepak bola nasionalnya, kemajuan teknis, serta interaksi fans. Kesuksesan mereka dalam menyelenggarakan acara olahraga besar sebelumnya, telah menunjukkan komitmen teguh mereka dalam menyelenggarakan acara-acara apa pun tanpa hambatan."

"Piala Dunia FIFA meninggalkan warisan abadi di negara tuan rumah, dan potensi Piala Dunia FIFA di Arab Saudi pada tahun 2034 menjanjikan fasilitasi pertukaran budaya, memperkuat persahabatan internal, dan menyatukan dunia atas nama perdamaian melalui permainan sepak bola yang indah."

"Federasi Sepak Bola Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap upaya Federasi Sepak Bola Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2034, dengan harapan dapat menciptakan warisan abadi tidak hanya dibagi pada kawasan Asia, tetapi juga untuk seluruh dunia. Kami sangat optimistis bahwa tawaran ini akan mendapatkan kepercayaan dan keyakinan dari komunitas sepak bola global dan pada akhirnya mencapai kesuksesan."

Load More