Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi Rafael Struick usai menjebol gawang China Taipei.. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Duo pemain keturunan Timnas Indonesia, Rafael Struick dan Elkan Baggott, memberikan tips kepada para pemain lokal yang ingin mengembangkan karier ke luar negeri alias abroad.

Dimuai dari Rafael Struick, menurut pemain klub kasta kedua Liga Belanda (Eerste Divisie) ADO den Haag itu, para pemain tidak seharusnya fokus pada negara mana yang mereka bidik untuk berkarier.

Namun, Rafael Struick menjelaskan bahwa seorang pemain harus fokus pada dirinya terlebih dulu dan berusaha mengembangkan kemampuan sebaik mungkin.

"Jangan terlalu fokus bermain di Eropa," kata Rafael Struick dikutip dari Antara, Selasa (10/10/2023).

"Fokus saja pada pengembangan diri dulu. Baru kemudian Anda bisa melakukannya selangkah demi selangkah," tambahnya.

Rafael Struick [Instagram]

Hal senada juga disampaikan Elkan Baggott. Menurut bek Ipswich Town ini, para pemain harus fokus pada apa yang bisa dia perbuat yakni mengasah kemampuan ke arah yang lebih baik.

"Satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah seberapa baik Anda bermain di klub Anda," kata Elkan Baggott.

"Berkonsentrasilah untuk tampil baik. Dan yang terbaik yang bisa Anda lakukan," tambah pemilik 16 caps bersama Timnas Indonesia level senior itu.

Hingga kini, setidaknya ada empat pemain Indonesia langganan timnas yang merumput di Benua Eropa selain Elkan dan Rafa.

Empat pemain itu ada Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, kasta kedua Belgia), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht, kasta kedua Belanda), Shayne Pattynama (Viking FK, kasta pertama Norwegia), dan Sandy Walsh (KV Mechelen, kasta pertama Belgia).

Semua pemain ini turut dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam dalam dua laga play-off Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Load More