H.M Permana
Pertandingan uji coba Persib menghadapi Dewa United. (MO Persib)

Bolatimes.com - Bila melihat dari sepak terjang dan sejarah di kancah sepak bola tanah air, Persib Bandung jelas lebih unggul dari Dewa United dan Bali United. Namun bila berbicara fasilitas, kedua tim baru tersebut tentu lebih unggul dan mampu 'menyalip' Persib.

Salah satu bukti bahwa Dewa United dan Bali United mampu mengalahkan Persib dari sisi fasilitas adalah keberadaan training center kedua tim tersebut.

Dewa United baru saja menjamu Persib di training center Tangerang. Sementara Bali United mempunyai training center megah di sisi pantai Pandawa.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2023/2024: Persebaya vs PSIS, dan Persis vs Madura United

Keberadaan training centar Dewa United tersebut bahkabn mendapat perhatian dari striker Persib, Ezra Walian. Penyerang berdarah Belanda ini takjub dengan fasilitas lawan yang ditaklukan timnya 0-3 di laga uji coba.

"Ini adalah contoh untuk klub di Indonesia, karena Dewa membuat ini dengan sangat bagus. Bali juga membuat sesuatu yang sangat bagus," ungkap striker Persib bernomor punggung 9 tersebut.

"Persib, Persija dan seluruh klub di Indonesia seharusnya memiliki ini, ini adalah standar untuk klub profesional, ini pendapat saya," ujar Ezra Walian.

Baca Juga:
Shin Tae-yong: Pengalaman Masih Dibutuhkan oleh Pemain Kita

Menurut Ezra Walian, sudah saatnya klub-klub di Indonesia, bahkan tim nasional memiliki fasilitas latihan sendiri.

Sejauh ini, Persib sendiri masih menggunakan fasilitas latihan milik Pemerintah Kota Bandung yaitu Lapangan Sidolig.

"Menurut saya Indonesia bisa berkembang banyak dengan hal-hal seperti ini, termasuk untuk tim nasional Indonesia. PSSI perlu membuat yang seperti ini dan juga klub karena ini adalah standar di Eropa," ujar pemain Persib yang pernah membela PSM Makassar tersebut.

Selain Ezra Walian, fasilitas milik Dewa United juga mendapat perhatian lebih dari pelatih Persib, Bojan Hodak. Menurutnya, setiap klub profesional memang harus memilikinya.

"Ya ini bagus, setiap klub profesional di dunia tentunya harus memiliki tempat lapangan latihan seperti ini, jadi ini bagus untuk Dewa," ujar Bojan Hodak.

Load More