Rauhanda Riyantama
Calon pelatih baru Arema FC, Fernando Valente. (Instagram/fernandovalentecoach)

Bolatimes.com - Rumor terbaru yang tengah berkembang saat ini memunculkan nama mantan pelatih Shakhtar Donetsk, Fernando Valente, sebagai calon juru racik yang bakal menukangi Arema FC pada lanjutan Liga 1 2023/2024.

Munculnya nama Fernando Valente ini memang tak terlepas dari rumor yang beredar belakangan ini. Arema FC disebut-sebut bakal menunjuk sosok pelatih yang elite untuk mengisi kursi kepelatihan.

Apalagi, Singo Edan belum menemukan sosok pelatih definitive. Saat ini, Dendi Santoso dkk masih diasuh oleh Kuncoro yang ditunjuk sebagai caretaker sementara. Kuncoro mengatakan, Arema FC sudah punya pelatih baru.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Gustavo Almeida Cetak Gol, Arema FC Tahan Imbang Persija Jakarta

"Pelatih sudah mau datang. Insya Allah beliau akan mendampingi dan memberi masukan. Tapi lebih jelasnya dari manajer," ujar Kuncoro.

Akibat pernyataan yang disampaikan oleh Kuncoro itulah, berbagai media mulai mengait-ngaitkan nama Fernando Valente sebagai calon juru racik terbaru Arema FC pada lanjutan Liga 1 2023/2024.

Profil Fernando Valente

Baca Juga:
Update Ranking Terbaru BWF: Fajar/Rian Masih Adem di Puncak, Ginting Tempel Axelsen

Sebagai informasi, pelatih bernama lengkap Jose Fernando Martins Valente ini mengawali karier di dunia racik strategi sejak berumur 38 tahun. Pada awalnya, dia menangani klub dari Portugal, Freamunde, pada 1992-1993.

Setelah setahun bertugas di sana, dia tercatat sempat berpindah-pindah tempat. Jasanya sempat digunakan oleh AD Lousada (2004-2005), Paredes (2009-2012), Espinho (2012-2013), Desportivo Aves (2013-2014), Santa Clara (2015-2016) dan Varzim (2018-2019).

Fernando Valente pun akhirnya memulai petualangan baru setelah menghabiskan waktunya di Portugal. Awalnya, dia menangani klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk. Pada mulanya, dia menangani tim U-19 alias Shakhtar Donetsk B.

Baca Juga:
Sah! Pratama Arhan Resmi Menikah dengan Azizah Salsha di Jepang

Salah satu nama pemain terkenal yang sempat berada di bawah asuhannya saat itu ialah Mikhailo Mudryk yang ketika itu baru berumur 19 tahun.

Bersama klub itu, Fernando Valente mendapat kontrak selama tiga tahun. Pekerjaannya merentang mulai tahun 2019 hingga 2021. Setelah itu, dia memutuskan meninggalkan Ukraina dan pulang kampung.

Fernando sempat ditunjuk untuk menangani Estoril U-23. Namun, kontraknya telah berakhir pada 2022. Kini, dia dirumorkan bakal segera menangani Arema FC. Tentu tugas berat tersaji di depan matanya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Tak Boleh Anggap Remeh, Timor Leste Jadi Pemuncak Grup di Piala AFF U-23 Tahun Lalu

Pasalnya, Singo Edan menjadi klub pesakitan di Liga 1 2023/2024. Dari delapan pertandingan awal, mereka belum bisa mengamankan satu pun kemenangan pada musim ini.

Arema FC tercatat baru mengumpulkan dua poin. Itu diraih dari dua hasil imbang, sedangkan enam laga lainnya berujung kekalahan. Kini, Singo Edan masih bermukim di dasar klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More