Husna Rahmayunita
Emil Audero gabung Inter Milan. (Instagram/@inter)

Bolatimes.com - Liga Italia musim 2023-2024 diwarnai pemain keturunan idamanShin Tae-yong. Para pemain ini sempat dikaitkan dengan naturalisasi Timnas Indonesia.

Mengikuti jejak Kim Min-jae, salah satu mantan anak asuh Shin Tae-yong yang musim lalu tampil mengesankan bersama Napoli di Serie A.

Penampilan ciamik Kim Min-jae membuatnya direkrut raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen rela menggelontorkan dana besar untuk merekrutnya.

Baca Juga:
Sumardji Sebut Thomas Doll Tak Dukung Program Timnas Indonesia, Ini Sebabnya

Di bursa musim panas 2023, setidaknya ada tiga pemain kesayangan Shin Tae-yong yang hijrah ke Liga Italia, ketiganya berdarah Indonesia.

Musim 2023/2024 pun bakal jadi awal bagi ketiga pemain tersebut berkarier di Negeri Pissa, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

1. Tijjani Reijnders (AC Milan)

Baca Juga:
6 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Ogah Ambil Pusing

Performa impresif Reijnders di AZ Alkmaar membuatnya dilirik AC Milan, berawal dari sebuah rumor hingga berujung pendekatan.

Tijjani sejatinya lebih dulu menarik perhatian Shin Tae-yong setelah sempat akan coba dinaturalisasi, meski ditolak sang pemain.

Keberanian STY meminta PSSI menaturalisasi Tijjani tak lepas dari riwayatnya yang belum pernah membela Timnas Belanda senior.

Baca Juga:
Tak Lepas Pemain ke Timnas Indonesia U-23, Sumardji Semprot Persija Jakarta dan PSM Makassar

Kini Tijjani bakal menjadi tulang punggung lini tengah Rossoneri sepeninggal Sandro Tonali yang pergi ke Liga Inggris.

2. Emil Audero (Sampdoria)

Karier Emil Audero Mulyadi tidak mati meski Sampdoria terdegradasi ke Serie B mulai musim 2023/2024, salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Bikin Rugi, Shin Tae-yong Terang-terangan Minta Piala AFF U-23 Dihapus

Tawaran naturalisasi PSSI terhadap Audero Mulyadi masih terus dalam proses hingga saat ini, namun tidak menemui kejelasan.

Meski begitu, peluang Emil membela Timnas Indonesia suatu hari nanti masih terbuka lebar selama belum ada sikap darinya.

Kini Emil tengah dalam proses gabung Inter Milan, sosoknya digadang-gadang bakal menjadi kiper kedua Nerazzurri.

3. Jay Idzes (Venezia)

Terdegradasinya Venezia ke Serie B disertai kabar rekrutan anyar asal Belanda yang masih memiliki keturunan Indonesia, Jay Idzes.

Jay Idzes termasuk dalam daftar pemain yang diminta untuk dinaturalisasi oleh Shin Tae-yong, sang pemain pun membuka jalan.

"Saya terbuka untuk itu (menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia), tapi satu sisi saya ingin berkarier di Belanda," ucapnya saat itu.

"Satu sisi saya ingin juga membela Timnas asal kakekku (Indonesia) itu adalah suatu kehormatan. Jadi tentu saya terbuka untuk itu," imbuhnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More