Rauhanda Riyantama
Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. (Instagram/m.ramadhansn)

Bolatimes.com - Melihat statistik mentereng penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, hingga dirinya dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2023.

Nama Ramadhan Sananta bisa dikatakan sebagai penyerang lokal dan penyerang muda terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

Hal ini tak lepas dari catatannya sepanjang tahun 2022 dan 2023 ini, saat membela klubnya maupun kala berseragam Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Tanpa Saddil Ramdani, Sabah FC Dihajar Klubnya Jordi Amat di Liga Malaysia

Di musim 2022/2023 lalu, penyerang berusia 20 tahun itu mampu menjadi penyerang lokal tersubur dengan mencetak total 11 gol di kancah Liga 1 bersama PSM Makassar.

Bahkan berkat sumbangan 11 golnya dari 24 laga tersebut, PSM Makassar berhasil mengakhiri puasa gelar liga dengan meraih gelar juara Liga 1 2022/2023.

Penampilan apiknya bersama PSM Makassar lantas membawa Ramadhan Sananta menembus tim nasional, yakni di laga persahabatan kontra Curacao dan Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Tak Berubah, Berikut Daftar Pemain Timnas Voli Putri Indonesia di SEA V League 2023 Seri 2

Setelahnya, Ramadhan Sananta dipanggil untuk tampil di SEA Games 2023 bersama Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri.

Tak disangka, ia mampu membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas dan menjadi salah satu top skor turnamen dengan torehan lima gol.

Penampilan apiknya itu membuat Persis Solo memboyongnya dari PSM Makassar. Alih-alih melempem pasca ganti klub, Ramadhan Sananta justru tetap atau bahkan jauh lebih moncer.

Baca Juga:
Tampil Nyetel Meski Sering Dipinjamkan, Elkan Baggott Disanjung Asisten Pelatih Ipswich Town

Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Jeonbuk Hyundai Motors. (Instaram/@persisofficial)

Makin Matang

Setelah berganti klub dan membela Persis Solo, Ramadhan Sananta tetap konsisten dalam mencetak gol. Ketajamannya bahkan telah ditunjukkan sejak laga pramusim Laskar Sambernyawa.

Dari tiga laga pramusim yang dilakoni Persis Solo, ia mampu mencetak tiga gol bagi Persis Solo, yang membuatnya kemudian menjadi andalan.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Voli Putri Indonesia di SEA V League 2023 Seri 2, Lawan Vietnam di Laga Pembuka

Ramadhan Sananta bahkan mampu mengungguli dua penyerang asing Persis Solo, Fernando Rodriguez dan David Gonzalez, dalam perebutan Starting Line Up.

Kesempatan menjadi starter pun tak disia-siakan Ramadhan Sananta yang kemudian berhasil mencetak empat gol dari tujuh pertandingan Persis Solo di Liga 1 2023/2024.

Empat gol itu dicetak masing-masing ke gawang Persebaya Surabaya di pekan pertama, Borneo FC di pekan ketiga, dan Brace atau dua gol ke gawang Persib Bandung di pekan ketujuh.

Jika dibedah lebih dalam, Ramadhan Sananta mampu mencetak rata-rata satu gol setiap 108 menit pertandingan, atau hampir mencetak satu gol setiap pertandingan.

Hebatnya lagi, empat gol yang ditorehkannya sama sekali tak dibuat dari titik putih, berbeda dengan barisan penyerang yang masuk daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 2023/2024.

Catatan itu cukup membuat Shin Tae-yong yakin untuk membawanya ke Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus 2023 mendatang.

Dengan catatannya yang masih moncer, Ramadhan Sananta diprediksi bisa menjadi ancaman bagi lawan-lawan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More