Irwan Febri Rialdi
Antonio Rudiger resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Real Madrid. (Instagram/@realmadrid)

Bolatimes.com - Keputusan PSSI untuk menunjuk Frank Wormuth menjadi Direkrut Teknik terbilang tepat karena ia punya rekam jejak yang impresif.

Durasi kontrak Frank Warmouth terbilang sangat singkat, ia hanya akan bertugas selama empat bulan. Wormuth mendapat tugas spesial menjadi pendamping Bima Sakti dalam membentuk tim Garuda Muda.

Harapannya dengan kehadiran Frank Wormuth, Timnas Indonesia U-17 dapat bersaing di Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada November-Desember mendatang.

Baca Juga:
Timnas Voli Putra Indonesia Masuk Pool C AVC Volleyball Championship 2023, Lawan Tim Kuat

Meski durasinya singkat, Frank punya CV mentereng yang bisa membantu PSSI. Ia berpengalaman melatih klub-klub Eropa dan Jerman U-20.

Lantas, pemain mana saja yang pernah dipoles Frank Wormuth hingga bisa menjadi pemain kelas dunia?

1. Shkodran Mustafi

Baca Juga:
Menpora Beri Bocoran Venue Piala Dunia U-17 2023 Hanya di Pulau Jawa

Mustafi pernah menjadi anak asuh Frank Wormuth di Jerman U-20 pada periode 2011 hingga 2013. Di periode itu, Mustafi mencatatkan 10 penampilan.

Setelah dilatih oleh Wormuth, Mustafi menjalani karier cukup sukses bersama klub-klub elite Eropa seperti Valencia, Arsenal hingga Schalke 04.

2. Sead Kolasinac

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-17 vs Barcelona Juvenil A, Pemanasan Piala Dunia U-17 2023

Masih dari eks penggawa Arsenal, Wormuth juga pernah melatih Sead Kolasinac di Jerman U-20. Tercatat Kolasinac memainkan dua pertandingan di bawah arahan Wormuth.

Kolasinac pada akhirnya memang memilih untuk membela Bosnia di level timnas senior. Kolasinac pun tumbuh menjadi pemain dunia dengan membela klub-klub top macam Arsenal, Schalke 04, Marseille, dan kini Atalanta.

3. Niklas Sule

Baca Juga:
Beda Nasib Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Belanda, Cuma Satu yang Promosi ke Tim Utama

Masih dari skuad Jerman U-20 periode kepelatihan Frank Wormuth, ada nama Niklas Sule yang juga jadi anak asuhnya.

Bek berusia 27 tahun tersebut pun tumbuh menjadi pemain kelas dunia dengan pernah membela Bayern Munchen dan kini memperkuat Borussia Dortmund.

4. Loris Karius

Sebelum namanya terkenal karena blunder fatal di final Liga Champions, Loris Karius ternyata pernah menjadi andalan Frank Wormuth di Jerman U-20 pada 2012.

Karius pun terbilang menjalani karier cukup sukses sebagai pesepakbola dengan memperkuat Mainz 05, Liverpool, hingga kini Newcastle United.

5. Antonio Rudiger

Bek andalan Real Madrid ini juga pernah jadi andalan Frank Wormuth di Jerman U-20 pada 2012. Setelah itu, ia naik level ke senior pada 2014.

Rudiger juga merasakan perjalanan yang bermacam-macam bersama klub top Eropa seperti VfB Stuttgart, AS Roma, Chelsea, dan Real Madrid.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More